Pengaruh Inventory Turnover, Receivable Turnover, dan Return on Asset terhadap Nilai Perusahaan dengan Likuiditas sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan yang terdaftar di index saham syariah Indonesia periode 2020-2023

WINANDARI, FADYA (2024) Pengaruh Inventory Turnover, Receivable Turnover, dan Return on Asset terhadap Nilai Perusahaan dengan Likuiditas sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan yang terdaftar di index saham syariah Indonesia periode 2020-2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FULL final_015754.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL final_015754.pdf

Download (1MB)

Abstract

Winandari, Fadya. 2024. Pengaruh Inventory Turnover (ITO), Receivable Turnover (RTO), Return On Asset (RTO) Terhadap Nilai Perusahaan (PBV) Dengan Likuiditas (CR) Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Skripsi, Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Islam Program Studi S1 Akuntansi Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Yusvita Nena Arinta, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dari rasio aktivitas, provitabilitas, nilai perusahaan, dan likuiditas, dan pengaruh aktivitas perusahaan (inventory turnover, receivable turnover) dan provitabilitas (return on asset) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan likuiditas (current ratio) sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur dan perdagangan tahun 2020-2023 di index saham syariah indonesia. Sampel dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 52 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analaisis yang digunakan adalah multiple moderated regression (MRA) dengan tingkat signifikan alpha 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 26,27% yang artinya variabel bebas (ITO, RTO, ROA) hanya dapat menjelaskan sebesar 26,27% terhadap nilai perusahaan dan 73,28% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial inventory turnover berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, receivable turnover berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan retun on asset berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Hasil uji moderasi pada penelitan ini adalah likuiditas tidak memoderasi aktivitas perusahaan, sedangkan likuiditas mampu memoderasi provitabilitas terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: ITO, RTO, ROA, CR, PBV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 17:16
Last Modified: 01 Jul 2024 17:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20820

Actions (login required)

View Item View Item