STRATEGI GURU DALAM MELATIH KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA (Studi Kasus pada Guru MI Nafiatul Huda Demakan Tahun Pelajaran 2023/2024)

ASHFIYA, RAHMA WILDAN (2024) STRATEGI GURU DALAM MELATIH KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA (Studi Kasus pada Guru MI Nafiatul Huda Demakan Tahun Pelajaran 2023/2024). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RAHMA WILDAN ASHFIYA 23040170140.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ashfiya, Rahma Wildan. 2023. Strategi Guru dalam Melatih Kemampuan Pemahaman Membaca (Studi Kasus Pada Guru Kelas 2 MI Nafiatul Huda Demakan Tahun Pelajaran 2023/2024). Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Hesti Ariestina, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Pemahaman Membaca Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam melatih kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 2 MI Nafiatul Huda Demakan, 2) mengetahui hambatan yang dialami oleh guru kelas 2 MI Nafiatul Huda Demakan dalam melatih kemampuan pemahaman membaca siswa, 3) mengetahui solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam melatih kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 2 MI Nafiatul Huda Demakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 2 MI Nafiatul Huda Demakan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Milles and Huberman. Adapun langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang dilakukan untuk melatih kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 MI Nafiatul Huda Demakan mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan belajar mengajar, 2) Kendala yang menyebabkan siswa kesulitan dalam kemampuan membaca permulaan antara lain adalah faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan dan faktor psikologis, 3) Upaya yang dilakukan guru MI Nafiatul Huda Demakan untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa dan siswi adalah (a) memberikan pelajaran tambahan untuk meningkatkan kemampuan membaca; (b) memberikan pelatihan secara khusus seperti perkenalan huruf, menggabungkan huruf konsonan dan vokal tahap demi tahap bagi siswa; (c) menggunakan metode yang menarik yaitu metode SAS dan metode eja; (d) memberikan tugas yang berhubungan dengan kemampuan membaca untuk dikerjakan di rumah; (e) progam membaca sesuai level.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 17:22
Last Modified: 01 Jul 2024 17:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20821

Actions (login required)

View Item View Item