STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PENANAMAN PEMBIASAAN SALAT FARDHU DAN PEMBINAAN AKHLAK DI MA AL ISLAM SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

SETYADI, WISNU NUGROHO (2024) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PENANAMAN PEMBIASAAN SALAT FARDHU DAN PEMBINAAN AKHLAK DI MA AL ISLAM SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI WISNU NUGROHO-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wisnu Nugroho Setyadi. 2024. Strategi guru akidah akhlak dalam penanaman pembiasaan salat fardhu dan pembinaan akhlak di ma al islam susukan kabupaten semarang tahun ajar 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono M.pd. Kata Kunci: Pembinaan, Pendidikan Akhlakul Karimah, salat berjamaah. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk mengetahui cara seorang guru dalam menanamkan akhlakul karimah terhadap siswa, terutama dalam penanaman pembiasaan salat fardhu di ma al islam susukan kabupaten semarang, tahun ajaran 2023/2024. Ada 3 hal yang menjadi focus penelitian bagi penullis kali ini, yaitu: bagaimana guru menanamkan pembiasaan akhlak kepada siswa, bagaimana cara seorang guru dalam menanamkan pembiasaan salat fardu bagi siswwa di ma al islam susukan kabupaten semarang, serta apa saja factor yang mendukung dan menghambat jalanya proses tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang berfokus unntuk mengetahui dan memahamai fenomena tenatang hal-hal yang di terdapat di dalam sebuah penelitian, misalnya tindakan, persepsi, tata cara, dan lain-lain secara holistic. Tehnik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan menggunakan trianggulasi. Trianggulasi yang penulis pakai pada penelitian kali ini yaitu triaggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Sedangkan untuk melengkapi data, penulis juga juga mengambil sumber data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanaman akhlak yang di lakukan oleh guru, khususnya guru akidah akhlak di ma al islam susukan kabupaten semarang tahun ajaran 2023/2024 adalah, memberikan arahan terkait akhlak yang baik bagi siswa, baik bersikap terhadap guru, teman maupun lingkungan sehingga menghasilkan produk alumni yang unggul dalam kompetensi dan baik secara akhak. Dalam penanaman pembiasaan salat fardhu yang di lakukan di ma al islam susukan, guru melakukan dengan cara mewajibkan setiap siswa untuk mengikuti kagiatan salat berjamaah dan juga mencantumkan dalam peraturan sekolah. Hasil dari kegiatan ini yaitu siswa akan menjadi pribadi yang lebih taat beribadah, sebagai cerminan siswa yang muslim dan memegang teguh keutamaan beribadah. Factor yang mendukung dan menghambat pada proses kali ini yaitu memuat beberapa hal, antara lain yaitu, kegiatan ini di dukung oleh setiap warga sekolah yang ikut serta saling memberikan arahan dan pengawasan terkait pelaksanaan kegiatan tersebut. Sedangkan factor yang menghambat proses tersebut yaitu sikap pembawaan dari siswa itu sendiri, sehingga butuh proses yang sedikit lebih lama jika di bandingkan dengan siswa lain yang sudak terbangun sikapnya sejak dini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 17:34
Last Modified: 01 Jul 2024 17:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20823

Actions (login required)

View Item View Item