PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI MENELADANI PERAN ULAMA PENYEBAR AJARAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE CARD SORT DAN MEDIA INFOGRAFIS PADA SISWA KELAS X DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Agung, Imamatul Fitriah Yuliana (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI MENELADANI PERAN ULAMA PENYEBAR AJARAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI METODE CARD SORT DAN MEDIA INFOGRAFIS PADA SISWA KELAS X DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_Imamatul_-_revisii_.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_Imamatul_-_revisii_.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_Imamatul_-_revisii_.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_Imamatul_-_revisii_.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_Imamatul_-_revisii_.pdf

Download (5MB)

Abstract

Agung, Imamatul Fitriah Yuliana. 2023. Peningkatan Hasi Belajar PAI dan Budi Pekerti Materi Meneladani Peran Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia Melalui Metode Card Sort dan Media Infografis pada Siswa Kelas X di SMK Saraswati Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Jaka Siswanta M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Card Sort, Media Infografis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran card sort dan Media infografis dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi Meneladani Peran Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia pada siswa kelas X TKRO A di SMK Saraswari Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswaa kelas X TKRO A di SMK Saraswati Salatiga yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa butir-butir soal tes, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan antara perolehan nilai setiap siklus dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, sesuai dengan KKM yang telah diberlakukan di SMK Saraswati Salatiga, yaitu 75. Data dianalisis secara ststistik menggunakan indikator klasikal untuk hasil belajar 85% siswa mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode card sort dan media infografis dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Peran Tokoh Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia pada siswa kelas X TKRO A SMK Saraswati Salatiga tahun Ajaran 2023/2024. Peningkatan hasil belajar yang terjadi dari pra siklus ke siklus I meningkat 21,06%. Pada siklus1 ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 26,31%. Dengan perolehan siswa tuntas pada pra siklus 8 siswa (42,10%) dan 11 siswa yang belum tuntas (57,90%). Pada siklus 1 perolehan siswa tuntas sebanyak 12 siswa (63,16%) dan 7 siswa yang belum tuntas (36,84%). Pada siklus II siswa yang tuntas menjadi 17 siswa (89,47%). Sedangkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari hasil nilai setiap siklus juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus nilai rata-ratanya 69,73 lalu siklus I nilai rata-ratanya 72,84 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 85,57%. Dengan demikian, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode card sort dan media infografis dapat dinyatakan berhasil, karena telah mencapai KKM Klasikal, yaitu ≥85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 17:51
Last Modified: 01 Jul 2024 17:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20824

Actions (login required)

View Item View Item