PEMBIASAN SIKAP UKHUWAH ISLAMIYAH DAN PENGEMBANGAN DIRI PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUT THOLIBIN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2023

Aziz, Fauzan Abdul (2024) PEMBIASAN SIKAP UKHUWAH ISLAMIYAH DAN PENGEMBANGAN DIRI PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUT THOLIBIN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SIAP MASUK CD FAUZAN ABDUL AZIZ.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SIAP MASUK CD FAUZAN ABDUL AZIZ.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SIAP MASUK CD FAUZAN ABDUL AZIZ.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SIAP MASUK CD FAUZAN ABDUL AZIZ.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah: 1) Mengetahui bentuk-bentuk pembiasaan sikap ukhuwah Islamiyah pada santri Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Nogosari Boyolali Tahun 2023. 2) Mengetahui bentuk-bentuk pengembangan diri pada santri Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Nogosari Boyolali Tahun 2023. 3) Mengetahui faktor-faktor pendukung pembiasaan sikap ukhuwah Islamiyah dan pengembangan diri pada santri Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Nogosari Boyolali Tahun 2023. 4) Mengetahui faktor-faktor penghambat pembiasaan sikap ukhuwah Islamiyah dan pengembangan diri pada santri Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Nogosari Boyolali Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Analisis data dengan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah santri di Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin, pengasuh dan beberapa pengurus. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneli menyatakan bahwasanya: 1) Bentuk-bentuk pembiasaan sikap ukhuwah Islamiyah pada santri di Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2023, antara lain: bertegur sapa dengan mengucap dan menjawab salam, saling menghargai satu dengan yang lain dengan memperhatikan hak dan kewajiban, saling mengenal dan memahami, saling memberikan rasa aman dan tolong menolong. 2) Bentukbentuk pembiasaan sikap pengembangan diri, antara lain: sholat berjamaah 5 waktu, mengaji, mengucapkan salam, berkata yang baik. Kegiatan keteladanan, ziarah ke makan ulama. 3) Faktor pendukung pembiasaan sikap ukhuwah Islamiyah dan pengembangan diri santri antara lain: mempunyai kesadran untuk berubah, teman sebaya yang saling memotivasi, control dari keluarga, teladan guru. 4) Faktor penghambat pembiasaan sikap ukhuwah Islamiyah dan pengembangan diri santri antara lain; tidak adanya kesadaran dalam diri santri, bergaul dengan teman yang salah, keluarga tidak ikut andil dalam pembiasaan, metode ajar guru yang kurang bervariasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 18:25
Last Modified: 01 Jul 2024 18:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20826

Actions (login required)

View Item View Item