PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN PEMBINAAN UKHUWAH WATHANIYAH PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURIL HUDA LOSARI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024

Mentari, Astrini Ripta (2024) PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN PEMBINAAN UKHUWAH WATHANIYAH PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURIL HUDA LOSARI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ASTRINI RIPTA MENTARI- 23010170079.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ASTRINI RIPTA MENTARI- 23010170079.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait dengan bagaimana pengembangan potensi diri dan pembinaan ukhuwah wathaniyah pada santri di pondok pesantren Nuril Huda Losari, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan potensi diri dan pembinaan ukhuwah wathaniyah pada santri di pondok pesantren Nuril Huda Losari Tahun 2024. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data primer yang berasal dari hasil wawancara dengan ketua pondok, ustadz/guru, dan santri pondok pesantren Nuril Huda Losari. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Selain itu penelitian ini juga menggunakan metode/ jenis penelitian kualitatif partisipasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan potensi diri pada santri di pondok pesantren Nuril Huda Losari menggunakan metode keteladanan dan metode pembiasaan, adapun kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan potensi diri yaitu sholat berjamaah, mujahadah, membaca Al-Qur’an dan rebana. 2) Pembinaan Ukhuwah Wathaniyah pada santri di pondok pesantren Nuril Huda Losari bisa dilakukan dengan beberapa kegiatan meliputi piket bersama, pendidikan anti bullying, upacara bendera, pramuka. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat Pengembangan Potensi diri pada santri di pondok pesantren Nuril Huda Losari. Faktor pendukung Pengembangan Potensi diri pada santri di pondok pesantren Nuril Huda Losari adalah Sarana dan Prasarana, Ustadz/Guru yang mumpuni, dan Motivasi atau pengarahan dari Ustadz/Guru. Faktor penghambat Pengembangan Potensi diri pada santri di pondok pesantren Nuril Huda Losari adalah Kepercayaan diri santri dan Pengaruh teman. 4) Faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan ukhwah wathaniyah pada santri di pondok pesantren Nuril Huda Losari. Faktor pendukung pembinaan ukhuwah wathaniyah pada santri di pondok pesantren Nuril Huda Losari adalah motivasi dari pengasuh atau ustadz/guru, kerjasama antara pengasuh, ustadz/guru dan santri, serta lingkungan pondok pesantren. Faktor penghambat pembinaan ukhuwah wathaniyah pada santri di pondok pesantren Nuril Huda Losari adalah sikap santri dan usia santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 19:19
Last Modified: 01 Jul 2024 19:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20828

Actions (login required)

View Item View Item