PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

Sophistika, Reka Etsa (2024) PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REKA ETSA SOPHISTIKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
REKA ETSA SOPHISTIKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
REKA ETSA SOPHISTIKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sophistika, Reka Etsa. 2024. Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Temanggung Tahun Ajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I Kata Kunci: Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Bernalar Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Perencanaan penguatan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis pada pembelajaran PAI dan budi pekerti; 2. Pelaksanaan penguatan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis pada pembelajaran PAI dan budi pekerti; 3 Asesmen penguatan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis pada pembelajaran PAI dan budi pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer berupa hasil wawancara dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan budi pekerti, dan peserta didik. Data sekunder penelitian ini ialah modul P5, modul ajar, pembagian tugas, kaldik, struktur tim fasilitator, jurnal, dan portofolio hasil karya siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancata, serta dokumentasi. Analisis data menggunalan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Temanggung; 1. Perencanaan dilakukan dengan menyusun tim fasilitator, mengidentifikasi tahapan satuan pendidikan, menentukan dimensi dan tema, merancang alokasi waktu, menyusun modul, dan merancang strategi perlaporan; 2. Pelaksanaan dilakukan dengan menyusun rancangan pembelajaran, melakukan asesmen di awal kegiatan pembelajaran, melakukan modifikasi rancangan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran PAI dan budi pekerti dan memanfaatkan berbagai macam metode asesmen, serta melakukan asesmen di akhir kegiatan pembelajaran; 3. Asesmen dilaksanakan dengan melakukan asesmen formatif ketika pembelajaran dengan memberikan soal latihan serta menerapkan karya diferensiasi dan sumatif serentak pada akhir semester, melakukan dokumentasi berupa jurnal dan portofolio, serta mengolah hasil asesmen dengan menghimpun berbagai nilai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 20:54
Last Modified: 01 Jul 2024 20:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20839

Actions (login required)

View Item View Item