Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Siswa dengan Adaptabilitas Karier pada Siswa di SMK Negeri 2 Salatiga

Rahmat, Aditya Yusuf (2024) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Siswa dengan Adaptabilitas Karier pada Siswa di SMK Negeri 2 Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Aditya Yusuf Rahmat 43040200066.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siswa perlu mempersiapkan diri untuk meraih karier yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa dengan adaptabilitas karier pada siswa SMK Negeri 2 Salatiga. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini ialah: (1) Apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 2 Salatiga. (2) Apakah ada hubungan antara prestasi belajar siswa dengan adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 2 Salatiga. (3) Apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa dengan adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 2 Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 2 Salatiga yang berjumlahkan 1917 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa dari tiap 9 jurusan diambil 7 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan terjemahan dari Career Adapt-Abilities Scale Sort From (CAAS-SF), Wong and Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS) dan aitem dari dimensi Prestasi Belajar Siswa Bloom. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dan signifikan dengan adaptabilitas karier, dapat diketahui dari nilai koefisien regresi sebesar 0,361 dan nilai thitung sebesar 2,951 > 1,998 serta nilai sig 0,004. (2) Prestasi belajar siswa memiliki hubungan negatif dan tidak signifikan dengan adaptabilitas karier, dapat diketahui dari nilai koefisien regresi prestasi belajar siswa sebesar -0,105 dan nilai thitung sebesar -0,432 < 1.998 serta nilai sig 0,667. (3) Kecerdasan emosional dan prestasi belajar berhubungan secara simultan dan signifikan dengan adaptabilitas karier. Hal ini ditunjukkan nilai signifikan 0,017 < 0,05 dan nilai fhitung sebesar 4,363>3,138. Hasil penelitian ini didukung dengan hasil perhitungan nilai koofisien determinasi R2 sebesar 0,535 atau 53,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 23:16
Last Modified: 01 Jul 2024 23:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20846

Actions (login required)

View Item View Item