Rahmat, Aditya Yusuf (2024) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Siswa dengan Adaptabilitas Karier pada Siswa di SMK Negeri 2 Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Aditya Yusuf Rahmat 43040200066.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siswa perlu mempersiapkan diri untuk meraih karier yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa dengan adaptabilitas karier pada siswa SMK Negeri 2 Salatiga. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini ialah: (1) Apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 2 Salatiga. (2) Apakah ada hubungan antara prestasi belajar siswa dengan adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 2 Salatiga. (3) Apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa dengan adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 2 Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 2 Salatiga yang berjumlahkan 1917 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa dari tiap 9 jurusan diambil 7 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan terjemahan dari Career Adapt-Abilities Scale Sort From (CAAS-SF), Wong and Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS) dan aitem dari dimensi Prestasi Belajar Siswa Bloom. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dan signifikan dengan adaptabilitas karier, dapat diketahui dari nilai koefisien regresi sebesar 0,361 dan nilai thitung sebesar 2,951 > 1,998 serta nilai sig 0,004. (2) Prestasi belajar siswa memiliki hubungan negatif dan tidak signifikan dengan adaptabilitas karier, dapat diketahui dari nilai koefisien regresi prestasi belajar siswa sebesar -0,105 dan nilai thitung sebesar -0,432 < 1.998 serta nilai sig 0,667. (3) Kecerdasan emosional dan prestasi belajar berhubungan secara simultan dan signifikan dengan adaptabilitas karier. Hal ini ditunjukkan nilai signifikan 0,017 < 0,05 dan nilai fhitung sebesar 4,363>3,138. Hasil penelitian ini didukung dengan hasil perhitungan nilai koofisien determinasi R2 sebesar 0,535 atau 53,5%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 23:16 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 23:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20846 |
Actions (login required)
View Item |