Strategi Guru dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Tema V Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 2 Kelas V

Ma'ruf, Anang (2024) Strategi Guru dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Tema V Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 2 Kelas V. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
12020200048_Anang Ma'ruf_Final Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12020200048_Anang Ma'ruf_Final Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12020200048_Anang Ma'ruf_Final Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12020200048_Anang Ma'ruf_Final Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12020200048_Anang Ma'ruf_Final Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12020200048_Anang Ma'ruf_Final Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12020200048_Anang Ma'ruf_Final Tesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ma’ruf, Anang 2024. Strategi Guru dalam Pembelajaran Tematik Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran Ke 2 Kelas V di MI Islamiyah Kauman Kidul Salatiga. Tesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Oktio Frenki Biantoro, M.Pd.I Kurikulum 2013 sangat dipengaruhi oleh guru dalam menerapkan pembelajaran tematik, karena tujuan dari pembelajaran tematik menciptakan suasana belajar yang aktif menyenangkan dan bermakna dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru kelas 5 dalam : (1) Perencanaan pembelajaran tematik kelas 5 (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik kelas 5 (3) Evaluasi pembelajaran tematik kelas 5. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif fenomonologi. Subjek penelitian adalah guru di MI Islamiyah Kauman Kidul Salatiga kelas 5. Pengumpulan data di ambil melalui observasi non partisipan, yang mana penulis hanya mengamati dari jauh kegiatan yang dilakukan. Pengumpulan data juga di ambil melalui wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data penulis menggunakan interactive model meliputi data reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data penelitian ini yaitu triangulasi data berupa triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran tematik kelas 5 berupa penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik kelas 5 berupa melakukan kegiatan yang telah direncanakan dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti mulai dari mengamati, menanya, mengumpilkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, dan diakhiri dengan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran tematik kelas 5 melaksanakan evaluasi setiap selesai pembelajaran. Guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2024 15:49
Last Modified: 02 Jul 2024 15:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20862

Actions (login required)

View Item View Item