STRATEGI BRANDING HUMAS UIN SALATIGA DALAM MENINGKATKAN ANIMO CALON MAHASISWA BARU

Mas'ud, Syifa Nur Ahmad Imam (2024) STRATEGI BRANDING HUMAS UIN SALATIGA DALAM MENINGKATKAN ANIMO CALON MAHASISWA BARU. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Revisi 5 Clear - Copy.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Revisi 5 Clear - Copy.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Revisi 5 Clear - Copy.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Revisi 5 Clear - Copy.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Revisi 5 Clear - Copy.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Revisi 5 Clear - Copy.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Revisi 5 Clear - Copy.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Revisi 5 Clear - Copy.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan strategi branding oleh Humas UIN Salatiga dalam meningkatkan animo calon mahasiswa baru, dan 2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi branding tersebut Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif di UIN Salatiga, dengan data primer dari wawancara kepala bidang humas dan staf humas, serta data sekunder dari dokumentasi melalui website, publikasi, dan penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, lalu dianalisis dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi Branding Humas dalam Meningkatkan Calon Mahasiswa Baru Masuk ke UIN Salatiga : Brand Awareness (Kesadaran Merek); Meningkatkan kesadaran merek melalui media online (Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, WhatsApp, Telegram) dan offline (Jawa Pos, baliho, Solopos, kunjungan ke sekolah). Perceived Quality (Kualitas yang Dirasakan); Meningkatkan persepsi kualitas melalui program beasiswa, jurnal internasional, dan predikat zona integritas wilayah bebas korupsi (ZI-WBK), serta fasilitas akademik dan non-akademik yang memadai. Brand Loyalty (Loyalitas Merek); Meningkatkan loyalitas melalui kolaborasi dengan alumni dan penggunaan feedback dari calon mahasiswa. Alumni sukses dimanfaatkan sebagai model dan duta merek dalam podcast dan konten YouTube. Brand Associations (Asosiasi Merek); Menggunakan asosiasi dengan kota toleransi dan tagline "Green Wasathiyah Campus" untuk menciptakan citra positif. Akreditasi unggul juga digunakan sebagai alat branding. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Strategi Branding: Faktor Pendukung; Media sosial, alumni sukses, program beasiswa, dan akreditasi. Faktor Penghambat; Keterbatasan sumber daya dan persaingan dengan universitas lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2024 19:00
Last Modified: 02 Jul 2024 19:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20870

Actions (login required)

View Item View Item