ANALISIS HASIL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS) GASAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SIMO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Hidayah, Nur (2024) ANALISIS HASIL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS) GASAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SIMO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nur Hidayah 23070170034.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Hidayah 23070170034.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayah, Nur. 2024. Analisis Hasil Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Gasal Mata Pelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka Kelas VII di SMP Negeri 2 Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci : Analisis Butir Soal; Validitas; Reliabilitas; Tingkat Kesukaran; Daya Beda; Efektivitas Fungsi Distraktor; Sumatif Akhir Semester; Kurikulum Merdeka; Mata Pelajaran Matematika. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas fungsi distraktor (pengecoh) soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Gasal pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas VII A dan 32 siswa kelas VII C dan objek dalam penelitian ini adalah soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Gasal pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Ditinjau dari segi validitas, butir soal yang dinyatakan valid berjumlah butir soal dan yang tidak valid berjumlah butir soal . (2) Ditinjau dari segi reliabilitas, soal tersebut memiliki tingkat reliabilitas rendah (un-reliable) dengan koefisien reliabilitas yang dimiliki sebesar . (3) Ditinjau dari tingkat kesukaran soal, terdapat butir soal tergolong sukar, butir soal tergolong sedang, dan butir soal tergolong mudah. (4) Ditinjau dari daya beda, terdapat butir soal yang memiliki daya beda sangat jelek, butir soal yang memiliki daya beda jelek, butir soal yang memiliki daya beda cukup, butir soal yang memiliki daya beda baik. (4) Ditinjau dari segi efektivitas fungsi distraktor (pengecoh), terdapat 14 butir soal (93,33%) yang memiliki tingkat pengecoh sangat baik dan 1 butir soal (6,67%) yang memiliki tingkat pengecoh yang baik. Analisis butir soal secara keseluruhan pada soal pilihan ganda Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) gasal Mata Pelajaran Matematika kelas VII Pada Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024 sudah berkualitas baik, hal ini diperoleh dari 8 butir soal (53,33%) memiliki kategori baik (diterima), 2 butir soal (13,33%) memiliki kategori cukup (direvisi), dan 5 butir soal (33,33%) memiliki kategori tidak baik (ditolak).

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2024 19:25
Last Modified: 02 Jul 2024 19:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20872

Actions (login required)

View Item View Item