STRATEGI FUNDRAISING DALAM MENGOPTIMALKAN PENERIMAAN ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA SALATIGA

HAPSARI, AMARA DITA CAHYA (2024) STRATEGI FUNDRAISING DALAM MENGOPTIMALKAN PENERIMAAN ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Amara DCH_FAKULTAS DAKWAH (MANAJEMEN DAKWAH).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Amara DCH_FAKULTAS DAKWAH (MANAJEMEN DAKWAH).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Amara DCH_FAKULTAS DAKWAH (MANAJEMEN DAKWAH).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Amara DCH_FAKULTAS DAKWAH (MANAJEMEN DAKWAH).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Amara DCH_FAKULTAS DAKWAH (MANAJEMEN DAKWAH).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hapsari, Amara Dita Cahya. 2024. Strategi Fundraising Dalam Mengoptimalkan Penerimaan Zakat, Infaq, dan Shadaqah di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Salatiga. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Muh. Irfan Helmy, Lc., M.A. Kata Kunci: strategi fundraising, zakat infaq shadaqah, BAZNAS Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang Strategi Fundraising dalam rangka mengoptimalkan penerimaan zakat, infaq, dan shadaqah di BAZNAS Kota Salatiga dengan fokus penelitian terhadap tahapan strategi fundraising yang diterapkan., yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan tentang perumusan Strategi Fundraising yang dilakukan BAZNAS Kota Salatiga dalam mengoptimalkan peenrimaan zakat, infaq dan shadaqah , 2) Untuk mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi strategi fundraising yang dilaksanakan BAZNAS Kota Salatiga, dan 3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi yang dilakukan BAZNAS Kota Salatiga pada kegiatan strategi fundraisingnya. Jenis penelitian ini merupakan termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah secara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder serta menggunakan tahap pengumpulan, reduksi, penyajian serta verifikasi terhadap data sehingga dapat didapati kesimpulan yang menjadi cara analisis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perumusan strategi fundraising BAZNAS Kota Salatiga dalam mengoptimalkan penerimaan zakat, infaq, dan shadaqah ditandai dengan penyusunan RKAT(Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan) dan sebagai pertimbangannya dilihat dari empat aspek yakni aspek SWOT. 2) Implementasi Strategi fundraising BAZNAS Kota Salatiga dilakukan dengan dua metode yaitu metode fundraising langsung (direct fundraising) dan metode fundraising tidak langsung (indirect fundraising) strategi fundraising yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Salatiga yang dijabarkan menjadi beberapa cara untuk mencapai tujuan pengoptimalan fundraisibng zakat, infaq dan shadaqah. 3). Evaluasi Strategi Fundraising yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Salatiga sebagai bentuk pengendalian strategi yang meliputi monitor seluruh kegiatan, mengukur hasil keberhasilan strategi, dan mengambil langkah-langkah perbaikan. Evaluasi ini dilakukan secara periodik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2024 22:14
Last Modified: 02 Jul 2024 22:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20878

Actions (login required)

View Item View Item