PERAN TAKMIR DALAM PENGELOLAAN FASILITAS MASJID DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN JAMAAH DI MASJID RAYA AL-FALAH KABUPATEN SRAGEN

Kurniasih, Dinda (2024) PERAN TAKMIR DALAM PENGELOLAAN FASILITAS MASJID DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN JAMAAH DI MASJID RAYA AL-FALAH KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DINDA KURNIASIH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DINDA KURNIASIH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DINDA KURNIASIH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DINDA KURNIASIH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kurniasih, Dinda. 2024. Peran Takmir dalam Pengelolaan Fasilitas Masjid dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Jamaah di Masjid Raya Al-Falah Kabupaten Sragen. Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Muhammad Irfan Helmy, Lc., M.A Kata kunci: peran takmir; pengelolaan fasilitas; pelayanan jamaah masjid Tujuan yang hendak dicapai oleh penulis pada penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) peran takmir masjid dalam pengelolaan fasilitas dalam upaya peningkatan kenyamanan jamaah masjid Raya Al-Falah Sragen. 2) faktor pendukung dan penghambat pengelolaan pengelolaan fasilitas dalam upaya peningkatan kenyamanan jamaah masjid Raya Al-Falah Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Metode kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Informan dalam penelitian ini mencakup direktur, badan eksekutif dan jamaah masjid. Data primer yaitu meliputi hasil wawancara peneliti dengan pengurus dan jamaah masjid. Data sekunder dalam penelitian ini yaitu berupa dokumen resmi masjid dan arsip kegiatan dakwah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian hasil penelitian dianalisa. Pengecekan keabsahan data, dan triangulasi: triangulasi sumber, teknik kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi penulis dalam penelitian ini, adanya fasilitas masjid Al-Falah Sragen diantaranya; minuman gratis, atm beras, loker, hotel kapsul, wifi, baju koko, mukena, kipas angin, tempat parkir, toilet. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, dianalisa, dan disimpulkan oleh penulis, hasil penelitian ini adalah : 1) peran takmir dalam pengelolaan fasilitas masjid dalam upaya meningkatkan pelayanan jmaah di masjid Raya Al- Falah Sragen berjalan secara sistematis menggunakan planning, organizing, actuating, controlling dalam menjalankan kegiatan dakwah. 2) faktor penghambat dan pendukung ini dipengaruhi dari dua faktor yaitu eksternal dan internal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2024 17:13
Last Modified: 04 Jul 2024 17:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20896

Actions (login required)

View Item View Item