EFEKTIVITAS PENDEKATAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING TERHADAP MINAT MEMBACA DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Fuadah, Sofi Siti (2024) EFEKTIVITAS PENDEKATAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING TERHADAP MINAT MEMBACA DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis SOFI SITI FUADAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tesis SOFI SITI FUADAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tesis SOFI SITI FUADAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fuadah, Sofi Siti. Efektivitas Pendekatan Universal Design for Learning Terhadap Minat Membaca dan Hasil Belajar Siswa Bahasa Indonesia. Tesis 2023. Pembimbing: Prof. Dr. Imam Sutomo, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pendekatan Universal Design for Learning terhadap Minat Membaca dan Hasil Belajar Siswa Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan disain kuasi eksperimen (Quasi Experimental Research) yang menerapkan Posttest only control design. Penelitian kuasi eksperimen dengan dua jenis kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian pada kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional sedangkan pada kelompok eksperimen menggunakan pendekatan Universal Design for Learning. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VA dan VB di MI Asas Islam Kalibening dengan sampel seluruh populasi 55 siswa. Populasi ini berjumlah 55 siswa maka sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil belajar Bahasa Indonesia dan skor angket minat membaca Selanjutnya, pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunan pendekatan Universal Design for Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan minat membaca siswa dengan rata-rata skor angket minat membaca pada siswa kelas eksperimen 66,19, sedangkan rata-rara kelas kontrol 59,39. (2) Penggunaan pendekatan Universal Design for Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol dilihat pada rata-rata nilai kelas eksperimen 75,93 dan nilai rata-rata kelas kontrol 68,04. (3) Penggunaan pendekatan Universal Design for Learning efektif terhadap minat membaca dan hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan nilai sig. (0,001) diperoleh nilai minat membaca diperoleh thitung2,779 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Uji hipotesis juga dilakukan dengan uji-manova dengan nilai sig. 0,05 diperoleh hasil 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan minat membaca dan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan pendekatan Universal Design for Learning efektif dalam meningkatkan minat membaca dan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Universal Design for Learning, Minat Membaca, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2024 17:51
Last Modified: 04 Jul 2024 17:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20900

Actions (login required)

View Item View Item