POTENSI PENGEMBANGAN HALAL TOURISM PADA DESTINASI WISATA SENDANG KUN GERIT KABUPATEN SRAGEN (Tinjauan Fatwa DSN MUI No.108/DSN-MUI/X/2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah)

Hayu, Diyah (2024) POTENSI PENGEMBANGAN HALAL TOURISM PADA DESTINASI WISATA SENDANG KUN GERIT KABUPATEN SRAGEN (Tinjauan Fatwa DSN MUI No.108/DSN-MUI/X/2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DIYAH HAYU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI DIYAH HAYU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI DIYAH HAYU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI DIYAH HAYU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Halal Tourism adalah objek wisata yang ramah terhadap wisatawan muslim dan memberikan sarana prasarana yang menunjang kegiatan wisatawan terhadap kegiatan spiritual, misalnya menyediakan fasilitas ibadah, makanan minuman halal dan sesuai prinsip syariah. Destinasi Sendang Kun Gerit belum menggunakan konsep halal tourism tetapi dalam kegiatan operasionalnya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi pengembangan halal tourism destinasi wisata Sendang Kun Gerit dan tinjauan dari Fatwa DSN-MUI No.108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa destinasi Sendang Kun Gerit dalam penyelenggaraan wisata Sendang Kun Gerit bekerja sama antara Badan Usaha Milik Desa Sumber Rejeki dan masyarakat Desa Jatibatur. Dimana masyarakat Desa Jatibatur selaku investor, dan BUMDES Sumber Rejeki selaku pihak pengelolanya. Ditinjau dari Fatwa DSN-MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang pedoman penyelenggaraan pariwisata berdasarkan prinsip syariah, wisata Sendang Kun Gerit sudah sesuai dengan Fatwa DSN MUI No.108/DSN-MUI/X/2016 wisata Sendang Kun Gerit telah memberikan dampak terhadap kemaslahatan umum terutama untuk masyarakat Desa Jatibatur, memberikan layanan dan fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan dasar wisatawan muslim serta menghormati nilai-nilai sosial budaya dan kearifan lokal yang tidak menyimpang dari ajaran agama islam. Hal tersebut menunjukan bahwa wisata Sendang Kun Gerit memiliki potensi baik untuk dikembangkan menjadi halal tourism.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2024 19:43
Last Modified: 04 Jul 2024 19:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20904

Actions (login required)

View Item View Item