Pengaruh Bagi Hasil, Kualitas Pelayanan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Sharia Complience Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Generasi Milenial Kota Salatiga)

, (2024) Pengaruh Bagi Hasil, Kualitas Pelayanan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Sharia Complience Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Generasi Milenial Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI HESTI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI HESTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sari, Hesti Mita. 2024. Pengaruh Bagi Hasil, Kualitas Pelayanan, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Sharia Complience Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Nasabah Milenial Kota Salatiga). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Perbankan Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Mochlasin, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis pengaruh bagi hasil, kualitas pelayanan dan lingkungan sosial terhadap minat menjadi nasabah bank syariah dengan sharia complience sebagai variable moderating pada nasabah milenial kota Salatiga. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah milenial di Kota Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif. Populasi data dalam penelitian ini yaitu nasabah milenial yang menggunakan jasa perbankan syariah. Jumlah sampel dalam riset ini sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh kemudian di olah menggunakan alat IBM SPSS Versi 23. Analisis data penelitian ini meliputi: uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji normalitas), uji statistik (uji ttes atau uji parsial, uji Ftes atau uji simultan dan uji R2 atau koefisien determinasi), dan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Bersadarkan hasil uji ttes menunjukkan hasil bahwa bagi hasil tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah, kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah, lingkungan sosial memiliki pengaruh dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah. Hasil uji Ftes menunjukkan bahwa bagi hasil, kualitas pelayanan dan lingkungan sosial secara bersama-sama mempengaruhi minat menjadi nasabah. Hasil MRA menunjukkan bahwa sharia complience mampu memediasi bagi hasil dan kualitas pelayanan, dan ligkungan sosial terhadap minat mennjadi nasabah tidak mampu dimediasi oleh sharia complience. Kata Kunci: Bagi Hasil, Kualitas Pelayanan, Lingkungan Sosial, Sharia Complience, Minat Menjadi Nasabah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2024 16:04
Last Modified: 05 Jul 2024 16:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20950

Actions (login required)

View Item View Item