MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAYANAN UMRAH PADA BIRO WALI WISATA MABRUR KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024

Rizki, Ahlan (2024) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAYANAN UMRAH PADA BIRO WALI WISATA MABRUR KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Ahlan_004_MD.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rizki, Ahlan. 2024. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pelayanan Umrah pada biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang Tahun 2024. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Manajemen Dakwah. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Mukti Ali, S.Ag., M.Hum. Kata Kunci: manajemen sumber daya manusia, pelayanan umrah, dan biro WALI wisata mabrur Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen sumber daya manusia dalam pelayanan umrah pada biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian meliputi: 1) Memahami pengelolaan sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang. 2) Memahami peran sumber daya manusia pada biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh melalui Manager, karyawan biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang, Jamaah yang pernah mengikuti perjalanan ibadah umrah bersama biro WALI Wisata Mabrur Kanupaten Semarang, Serta dokumen yang tersedia di biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang. Teknis analisis data meliputi pengumpulan, penyaringan, penyajian, dan penyimpulan data. Hasil menunjukan 1) Pengelolaan sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada biro WALI Wisata Mabrur yaitu dengan cara merekrut SDM yang memiliki skill, ramah dan tanggap serta melakukan pelatihan dan pengembangan kepada karyawan yang terpilih. 2) Peran sumber daya manusia pada biro WALI Wisata Mabrur Kabupaten Semarang dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu yang paling dominan perannya adalah membantu dalam proses pembuatan dokumen untuk jamaah umrah, melaksanakan bimbingan jamaah manasik, dan membantu pengelolaan koper milik jamaah dari tanah air hingga sampai di hotel Madinah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2024 16:19
Last Modified: 05 Jul 2024 16:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20951

Actions (login required)

View Item View Item