PERAN LIKUIDITAS DALAM MEMODERASI PENGARUH OVERHEAD COST, RISK COST DAN VOLUME PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH PADA BANK UMUM SYARIAH (PERIODE 2018-2023)

, LULU KHOERUN NIKMAH (2024) PERAN LIKUIDITAS DALAM MEMODERASI PENGARUH OVERHEAD COST, RISK COST DAN VOLUME PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH PADA BANK UMUM SYARIAH (PERIODE 2018-2023). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi - Lulu Khoerun Nikmah - 63010200077 .pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi - Lulu Khoerun Nikmah - 63010200077 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Overhead cost, Risk cost dan Volume Pembiayaan Murabahah Terhadap Pendapatan Margin Murabahah dengan menjadikan Likuiditas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan data panel yang diperoleh dari data sekunder laporan keungan yang telah dipublikasikan melalui website masing-masing bank umum syariah dan atau OJK. Selanjutnya sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan sehingga dihasilkan 9 bank syariah termasuk dari bank umum syariah periode 2018-2023 yang memenuhi kriteria dengan tahun pengamatan 6 tahun dengan data laporan tahunan. Sehingga total sampel yang digunakan sebanyak 54 sampel. Penelitian ini diolah menggunakan eviews 12 menggunakan analisis regresi data panel dengan pendekatan Common Effect Model (CEM). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial variabel Overhead cost memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan margin murabahah, risk cost tidak berpengaruh terhadap pendapatan margin murabahah, volume pembiayaan murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendaparan margin murabahah, likuiditas mampu memoderasi hubungan overhead cost terhadap pendapatan margin murabahah, sedangkan risk cost dan volume pembiayaan murabahah tidak dapat dimoderasi oleh likuiditas dalam mempengaruhi pendapatan margin murabahah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2024 16:58
Last Modified: 05 Jul 2024 16:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20958

Actions (login required)

View Item View Item