Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Pada Tari Bondan Kendhi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Ar Rahmah Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024

Hadi, Namira Bela Alfatasya (2024) Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Pada Tari Bondan Kendhi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Ar Rahmah Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_NAMIRA BELA_PGMI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_NAMIRA BELA_PGMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah, (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Islam Ar Rahmah Suruh, (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pendekatan etnomatematika (tari Bondan Kendhi) pada kelas V SD Islam Ar Rahmah Suruh, (3) mengetahui pengaruh pendekatan etnomatematika pada tari Bondan Kendhi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Islam Ar Rahmah Suruh. Metode penelitian yang diterapkan ialah Experimental Designs. Pendekatan etnomatematika pada tari Bondan Kendhi sebagai variabel bebas, sementara kemampuan pemecahan masalah matematika sebagai variabel terikat. Siswa kelas V SD Islam Ar Rahmah Suruh dijadikan populasi pada penelitian ini, sedangkan sampel menggunakan dua kelas yaitu siswa kelas VB berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol, dan siswa kelas VD berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen. Data penelitian didapat dari tes berbentuk pre-test/post-test pada materi luas bangun datar. Analisis deskriptif dan analisis inferensial adalah teknik analisis data yang dipakai pada penelitian ini. Hasil analisis membuktikan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah mengalami kenaikan. Sementara hasil rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 25,25, sedangkan hasil rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 55,25. Hasil rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 26,40, sedangkan hasil rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 59,68 lebih unggul dari kelas kontrol. Selain itu, hasil uji wilcoxon memperoleh nilai 0,000 < 0,05. Kesimpulan yang didapat yakni ada pengaruh pendekatan etnomatematika pada tari Bondan Kendhi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Islam Ar Rahmah Suruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2024 17:08
Last Modified: 05 Jul 2024 17:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20959

Actions (login required)

View Item View Item