STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA UMBUL SIDOMUKTI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG

Noviana, (2024) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA UMBUL SIDOMUKTI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
inbound5284013039508349827.pdf

Download (3MB)
[img] Text
revisi nopek fix po.pdf

Download (3MB)

Abstract

Noviana. 2024. Strategi Marketing public relations dalam Mempromosikan Destinasi wisata Umbul Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Fahrudin Yusuf, M. A Kata Kunci: Strategi Marketing Public Relations, Mempromosikan, Destinasi Wisata Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini diantaranya untuk mengetahui bagaimana Strategi marketing public relations dalam mempromosikan destinasi Wisata Umbul Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif studi kasus, dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Adapun pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini meliputi teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menerapkan pada teknik triangulasi berupa sumber, teknik serta waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya Strategi Marketing public relations yang digunakan dalam mempromosikan wisata Umbul Sidomukti dengan menggunakan bauran pemasaran 4p product (produk) di mana mereka menawarkan destinasi Umbul Sidomukti yang terdiri dari taman Renang Alam dan Agrowisata pertanian little Ranch diman kolam renang yang di suguhkan memiliki keunikan dalam bentuk serta material yang digunakan. price (harga) di mana harga yang ditawaarkan cukup bersahabat atau murak serta masih dapat dijangkau masyarakat ekonomi menengah di mana dilihat dari target marketnya yaitu anak muda serta masyarakat menengah kebawah, place (tempat) di mana lokasi yang ditawarkan sedikit terpencil namun memiliki keindahan alam yang asri sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. dan promotion (promosi) ini dengan menggunakan beberapa media online seperti website, instagram, dan juga tiktok selain itu juga menggunakan media door to door sale, serta bekerja sama dengan biro-biro wisata. Selain itu juga menggunakan strategi three ways strategy yaitu pull strategy (membujuk) dengan cara mempromosikan melalui media sosial serta pameran-pameran, dan juga bekerja sama dengan beberapa instansi seperti biro- biro wisata. Push strategy (merangsang) dengan menggunakan cara melengkapi serta memenuhi semua fasilitas serta pelayanan yang baik. Pass strategy (memengaruhi) dengan memberikan beberapa diskon (potongan harga) dalam event-event tertentu. Juga dilakukan promo menarik seperti promo penginapan, promo paket bundling di makanan dan minuman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2024 17:12
Last Modified: 05 Jul 2024 17:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item