KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REBT INTEGRASI SURAT AR-RA'D AYAT 11 UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME MOBILE LEGENDS UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME MOBILE LEGENDS PADA SISWA SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWA

Stefeni, Eva (2024) KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REBT INTEGRASI SURAT AR-RA'D AYAT 11 UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME MOBILE LEGENDS UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME MOBILE LEGENDS PADA SISWA SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
EVA_STEFENI_2308020065_KONSELING_KELOMPOK_DENGAN_PENDEKATAN_REBT.pdf

Download (3MB)
[img] Text
EVA_STEFENI_2308020065_KONSELING_KELOMPOK_DENGAN_PENDEKATAN_REBT.pdf

Download (3MB)
[img] Text
EVA_STEFENI_2308020065_KONSELING_KELOMPOK_DENGAN_PENDEKATAN_REBT.pdf

Download (3MB)

Abstract

Eva,Stefeni.2024.Konseling Kelompok dengan Pendekatan REBT Integrasi Surat Ar-rad Ayat 11 untuk Mengurangi Kecanduan Game Mobile Legends Pada Siswa di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa . Skripsi,Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Falkultas Tarbiyah dan llmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata kunci: Konseling kelompok, Surat Ar-Rad ayat 11, REBT, Kecanduan, Game Online, Mobile Legends. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data kecanduan game yang terus meningkat di kalangan para pelajar. Untuk merespon hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian Kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: 1). Mengetahui pelaksanaan konseling kelompok dengan pendekatan REBT integrasi surat Ar-Ra’d ayat 11 untuk mengurangi kecanduan game mobile legend di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. 2). Untuk menganalisis efektifitas konseling kelompok dengan pendekatan REBT integrasi surat Ar-Ra’d ayat 11 mengurangi kecanduan game mobile legend. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini 40 siswa kelas 11 , kemudian diambil 8 sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala kecanduan game. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil pelaksanaan penelitian konseling kelompok dengan pendekatan REBT integrasi surat Ar-Rad ayat 11 ada 2. 1) Konseling dilaksanakan dengan 3x pertemuan dengan jarak waktu yang berbeda , pada pertemuan pertama konseling dilakukan dengan tujuan membangun hubungan baik dengan hasil konseling yaitu konselor dan anggota kelompok memiliki kontrak konseling, pada pertemuan pertama menerapkan surat ar-rad ayat 11 dan teknik self moddeling . Konseling kedua dengan tujuan mulai merencanakan perubahan perilaku kecanduan game dan mulai mencari aktivitas yang positif dengan hasil anggota kelompok menemukan aktivitas dan target untuk berubah, pada konseling kedua menerapkan teknik homework berserta menerapkan surat ar-rad ayat 11. Pada pertemuan ketiga dilakukan dengan tujuan memperkuat dan penerapan perilaku perubahan dengan hasil anggota kelompok memperkuat perilakunya untuk mengurangi kecanduan game, pada pertemuan ketiga dilakukan penerapan surat ar-rad ayat 11 serta teknik reinforment dan sosial modelling. 2) Uji hipotesis menggunakan uji paired simple test menunjukan hasil sig (2-tailed) sebesar ,000 < 0,05 dengan nilai t-hitung sebesar 8,202 sedangkan t-tabel sebesar 1,806 maka dapat dianalisis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2024 17:15
Last Modified: 05 Jul 2024 17:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20964

Actions (login required)

View Item View Item