Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhaadap Body Dissatisfaction pada Remaja Perempuan di Desa Glawan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang

Khasanah, Luthfi (2024) Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhaadap Body Dissatisfaction pada Remaja Perempuan di Desa Glawan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LUTHFI KHASANAH NIM. 43040190120.pdf

Download (6MB)

Abstract

Khasanah, Luthfi. 2024. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Body Dissatisfaction pada Remaja Perempuan di Desa Glawan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Skripsi. Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Aufa Abdillah, M.Psi. Kata Kunci: penggunaan media sosial dan body dissatisfaction Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media sosial terhadap body dissatisfaction pada remaja perempuan di Desa Glawan. (2) Untuk mengetahui variasi penggunaan media sosial pada remaja perempuan di Desa Glawan. (3) Untuk mengetahui variasi body dissatisfaction pada remaja perempuan di Desa Glawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah remaja perempuan yang tinggal di Desa Glawan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap body dissatisfaction pada remaja perempuan di Desa Glawan berdasarkan dengan hasil uji regresi sederhana antara kedua variabel hasil nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R Square 0,179. (2) Variasi penggunaan media sosial pada remaja perempuan di Desa Glawan berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 67% dengan jumlah 67 orang. (3) Variasi body dissatisfaction pada remaja perempuan di Desa Glawan berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 65% dengan jumlah 65 orang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2024 18:29
Last Modified: 05 Jul 2024 18:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20971

Actions (login required)

View Item View Item