PENGUATAN GURU KELAS PADA MUATAN PELAJARAN PPKN DALAM MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING KELAS VA MI NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

kusumawati, Intan (2024) PENGUATAN GURU KELAS PADA MUATAN PELAJARAN PPKN DALAM MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING KELAS VA MI NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI INTAN KUSUMAWATI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kusumawati, Intan. 2024. Penguatan Guru Kelas Pada Muatan Pelajaran PPKn dalam Menanggulangi Perilaku Bullying Kelas Va MI Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Hesti Ariestina,M.Pd. Kata kunci: Penguatan Guru Kelas; PPKn; Bullying Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan guru kelas pada muatan pelajaran PPKn dan kendala serta solusi dalam menanggulangi perilaku bullying kelas Va MI Negeri Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan instrument pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang diambil dari sumber data yakni, kepala madrasah, guru kelas di kelas Va, dan siswa-siswi Va. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan guru kelas melalui muatan pelajaran PPKn dalam menanggulangi perilaku bullying kelas Va MI Negeri Salatiga dengan indikator guru kelas sebagai penasihat dan motivator kepada siswa serta menekakan materi sesuai tema dengan menyisipkan nilai-nilai karakter sehingga menumbuhkan jiwa sosial dan solidaritas dengan lingkungannya. Muatan pelajaran PPKn menjadi bentuk pendekatan dalam menanggulangi perilaku bullying dengan pendidikan karakter yang melekat pada pembelajaran tematik. Program-program sekolah seperti “Madrasah Ramah Anak” juga menjembatani guru dalam menyampaikan metode serta srateginya dalam menanggulangi bullying di lingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2024 21:19
Last Modified: 05 Jul 2024 21:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20983

Actions (login required)

View Item View Item