HUBUNGAN KESEPIAN DENGAN KECENDERUNGAN NOMOPHOBIA ( STUDI MAHASISWA PERANTAU PSIKOLOGI ISLAM FAKULTAS DAKWAH UIN SALATIGA TAHUN ANGKATAN 2021-2022)

alhafara, Yufit safri (2024) HUBUNGAN KESEPIAN DENGAN KECENDERUNGAN NOMOPHOBIA ( STUDI MAHASISWA PERANTAU PSIKOLOGI ISLAM FAKULTAS DAKWAH UIN SALATIGA TAHUN ANGKATAN 2021-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIX REVISIAN SKRIPSI 2024.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FIX REVISIAN SKRIPSI 2024.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Alhafara, Yufit Safri. 2024. Hubungan Kesepian Dengan Kecenderungan Nomophobia (Studi Pada Mahasiswa Perantau Psikologi Islam Fakultas Dakwah Uin Salatiga Tahun 2021-2022). Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muna Erawati., M.Si. Kata Kunci: Mahasiswa, Perantau, Kesepian, Nomophobia Latarbelakang: Penelitian ini berangkat dari minimnya interaksi dan ketertutupan mahasiswa perantau karena merasa tidak memiliki siapa-siapa dan jauh dari keluarga sehingga mereka tidak bisa terlepas dari smartphone sehingga terdapat kecenderungan Nomophobia. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kesepian dan kecenderungan Nomophobia mahasiswa perantau Program Studi Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Salatiga dan mencari hubungan antara variable kesepian dengan kecenderungan Nomophobia. Metode Penelitian: Penelitian ini menerapkan jenis data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yakni angket atau kuisioner. Uji yang diterapkan pra penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas. Data kolektif kemudian di uji normalitas, linieritas dan terakhir uji hipotesis dengan korelasi product moment. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesepian pada mahasiswa perantau program studi Psikologi Islam masuk dalam kategori tinggi dengan total 27 responden, sedangkan kecenderungan nomopbobia dalam kategori sedang dengan 29 responden. Penelitian ini menemukan bahwa nilai r hitung<r tabel yakni 0,248 > 0,05 sehingga penelitian ini menghasilkan temuan bahwa tidak ditemukan hubungan antara kesepian (X) dengan kecenderungan Nomophobia (Y) sehingga dapat dikatakan individu yang kesepian belum tentu memiliki kecenderungan Nomophobia dan kecenderungan Nomophobia belum tentu disebabkan oleh kesepian.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2024 21:28
Last Modified: 05 Jul 2024 21:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20986

Actions (login required)

View Item View Item