PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAB 5 IPAS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF LEARNING TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS IV SD N 2 NGADIROJO GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024

kurniawan, Syahrul (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAB 5 IPAS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF LEARNING TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS IV SD N 2 NGADIROJO GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi_Syahrul Kurniawan.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kurniawan, Syahrul. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar BAB 5 IPAS Menggunakan Model Cooperatif Learning Two Stray (TSTS) Dengan Media Diorama Siswa Kelas IV SD N 2 Ngadirojo Gladagsari Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Sutrisna, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar. Model Cooperatif Learning Stay Two Stray (TSTS). Media Belajar Diorama. Penelitian dilaksanakan, bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS Bab 5 menggunakan Model Cooperatif Learning Two Stay Two Stray (TSTS) serta media diorama pada siswa kelas IV SD N 2 Ngadirojo Gladagsari Kabupaten Boyolali untuk tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui 2 siklus yang diawali pemberian soal pretes dan pada setiap siklus penelitian terdiri dari dua sesi pertemuan. Indikator keberhasilan ditetapkan dengan batas keberhasilan klasikal sebesar 85% dan nilai KKTP 70. Hasil penelitian kepada siswa kelas IV SD N 2 Ngadirojo menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS Bab 5 dengan mengaplikasikan Model Cooperatif Learning Two Stay Two Stray (TSTS) menggunakan media diorama. Peningkatan rata-rata nilai kelas dan persentase ketuntasan menjadi bukti peningkatan belajar pada setiap siklus. Rata-rata nilai meningkat dari 58,63 pada pra siklus, menjadi 69,54 pada siklus I meningkat sebesar 10,91, dan mencapai 76,36 pada siklus II menigkat sebesar 62,82. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat, dari 13,64% siswa tuntas pada pra siklus, menjadi 54,55% pada siklus I meningkat sebesar 40,91%, dan mencapai 86,37% pada siklus II meningkat sebesar 31,82%. Penelitian berhenti pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan belajar siswa yang telah ditentukan sebesar ≥85% dari seluruh jumlah peserta didik satu kelas dengan KKTP yang ditentukan sekolah sebesar 70.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:03
Last Modified: 06 Jul 2024 01:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20991

Actions (login required)

View Item View Item