PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS ISLAMIZATION OF KNOWLEDGE DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN TAHUN 2023

PURWOKO, (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS ISLAMIZATION OF KNOWLEDGE DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DISERTASI PURWOKO JILID FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DISERTASI PURWOKO JILID FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DISERTASI PURWOKO JILID FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DISERTASI PURWOKO JILID FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DISERTASI PURWOKO JILID FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DISERTASI PURWOKO JILID FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DISERTASI PURWOKO JILID FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DISERTASI PURWOKO JILID FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DISERTASI PURWOKO JILID FIX.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DISERTASI PURWOKO JILID FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa keprihatinan terhadap masih adanya kesenjangan antara tujuan pendidikan dalam melahirkan generasi berkarakter yang salah satunya karakter religius dengan praktik dan realitas sosial yang ada. Sebagaimana dalam pandangan Al-Faruqi, bahwa hal fundamental dalam proses pendidikan adalah membina individu-individu agar memiliki karakter religius dan memiliki idealita sikap religius dengan cara menanamkan tauhid atau keimanan. Karakter religius ini menjadi penting keberadaannya karena fenomena yang terjadi adalah masih rendahnya tingkat kesadaran peserta didik dalam memahami dan mengimplementasikan sikap religius dalam kehidupan sehari-hari. Banyak cara yang ditempuh dalam penanaman karakter religius, namun dalam penelitian ini fokus pada penanaman religius melalui pengembangan bahan ajar. Proses Islamisasi bahan ajar IPS dilakukan dengan berbasis Islamization of Knowledge (IoK), di mana dalam menuangkan kembali disiplin-disiplin ilmu di bawah kerangka Islam sebagaimana yang digagas Al-Faruqi bertolak dari lima prinsip utama, yakni: keesaan Alah SWT, kesatuan alam semesta, kesatuan kebenaran dan pengetahuan, kesatuan hidup, kesatuan umat. Model yang digunakan adalah dengan memasukkan nilai-nilai Islam yang termuat dalam Al-Quran, Hadis, Akidah, Akhlak, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam ke dalam bahan ajar ilmu pengetahuan umum khususnya pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar IPS berbasis Islamization of Knowledge (IoK) dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMPIT Nurul Islam Tengaran. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah 183 anak. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisa data untuk mengetahui tingkat efektifitas bahan ajar hasil pengembangan diperoleh melalui uji statistik parametrik yaitu Uji t-2 sampel berpasangan (Paired Simple) dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menemukan bahwa Sig. (2-tailed) besarnya 0.00 < 0,05, artinya ada perbedaan nilai antara sebelum dilakukan pengembangan dengan setelah pengembangan bahan ajar dilakukan. Mengacu pada hasil perhitungan statistik tersebut, maka kesimpulannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa pengembangan bahan ajar IPS berbasis IoK efektif dapat meningkatkan karakter religius peserta didik. Selanjutnya direkomendasikan, bahwa model pengembangan bahan ajar berbasis IoK ini dapat digunakan sebagai panduan guru dalam membantu menanamkan dan meningkatkan nilai-nilai karakter religius peserta didik. Keywords: Islamization of Knowledge, bahan ajar, karakter, religius

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2024 03:50
Last Modified: 06 Jul 2024 03:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20995

Actions (login required)

View Item View Item