PEMBINAAN KEMAMPUAN SALAT DAN KEMANDIRIAN PADA SISWA TUNAGRAHITA TINGKAT SMP DI SLB NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

, Yesi Ika Sundari (2024) PEMBINAAN KEMAMPUAN SALAT DAN KEMANDIRIAN PADA SISWA TUNAGRAHITA TINGKAT SMP DI SLB NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_YESI IKA SUNDARI (23010200011).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_YESI IKA SUNDARI (23010200011).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_YESI IKA SUNDARI (23010200011).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_YESI IKA SUNDARI (23010200011).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_YESI IKA SUNDARI (23010200011).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_YESI IKA SUNDARI (23010200011).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_YESI IKA SUNDARI (23010200011).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_YESI IKA SUNDARI (23010200011).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_YESI IKA SUNDARI (23010200011).pdf

Download (4MB)

Abstract

Sundari, Yesi Ika. 2024. Pembinaan Kemampuan Salat dan Kemandirian pada Siswa Tunagrahita tingkat SMP di SLB Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Barid Syamsiyah, M.Pd. Kata Kunci: pembinaan; kemampuan shalat; kemandirian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Pembinaan kemampuan salat siswa tunagrahita tingkat SMP di SLB Negeri Salatiga tahun ajaran 2023/2024, (2) pembinaan kemandirian siswa tunagrahita tingkat SMP di SLB Negeri Salatiga tahun ajaran 2023/2024, (3) faktor pendukung dan penghambat pembinaan kemampuan salat siswa tunagrahita tingkat SMP di SLB Negeri Salatiga tahun ajaran 2023/2024, (4) faktor pendukung dan penghambat pembinaan kemandirian siswa tunagrahita tingkat SMP di SLB Negeri Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini ialah penelitian lapangan yang sifatnya kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan bersumber dari data primer berbentuk hasil wawancara dengan waka kurikulum, guru PAI, guru kelas, siswa dan wali siswa, serta sumber sekunder berupa hasil observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan kemampuan salat dilakukan dengan beragam cara, yakni: a) menyampaikan konten pembelajaran b) praktek dan latihan (drill), c) salat dhuha dan salat dzuhur berjamaah, d) murojaah surah pendek, d) kultum dan dzikir bersama.. Indikator kemampuan salat siswa tunagrahita yakni; a) siswa mau datang ke mushalla, b) mampu melakukan gerakan salat baik dan benar c) mampu mengurutkan gerakan salat d) mampu menyerasikan bacaan salat dan gerakannya. (2) Pembinaan kemandirian di SLB Negeri Salatiga dilakukan melalui beberapa program yaitu; program Pak Bai dan Bu Siti (Praktek Baik dan Budaya Positif), pembelajaran vokasional dan bina diri. Bentuk kemandiriannya yaitu kemandirian fisik dan sosial. Indikator kemandirian siswa tunagrahita yakni; bisa aktivitas mandiri, progresif dan berinisiatif. (3) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan kemampuan salat siswa tunagrahita, faktor pendukungnya adalah guru PAI, ajakan teman sejawat, keterlibatan orang tua, sarana dan prasarana lengkap. Faktor penghambatnya ialah peserta didik dan terbatasnya waktu. (4) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan kemandirian siswa tunagrahita, faktor pendukungnya ialah guru supportif dan fasilitas lengkap. Faktor penghambatnya ialah tingkat intelegensi peserta didik yang beragam dan dibawah rata-rata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2024 13:17
Last Modified: 06 Jul 2024 13:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21001

Actions (login required)

View Item View Item