PENGARUH DISIPLIN GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATAPELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Nida Al-Qur'an Kedu Temanggung Jawa Tengah)

APRIYANTO, TRI (2024) PENGARUH DISIPLIN GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATAPELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Nida Al-Qur'an Kedu Temanggung Jawa Tengah). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis lengkap jadi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
tesis lengkap jadi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
tesis lengkap jadi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
tesis lengkap jadi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda dua variabel independen dan satu variabel dependen untuk mengetahui hubungan antar variabel melalui data-data numerik yang diperoleh dari penelitian lapangan. Sampel sebesar 20,10% dengan jumlah 80 siswa dari total populasi 398 siswa SMP Nida Al-Qur’an Kedu Temanggung. Pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka, dokumentasi dan angket. Teknik pengolahan data menggunakan alat bantu SPSS untuk uji asumsi klasik, uji statistik F dan T. Disiplin guru dan minat belajar dinilai menurut perspektif berdasarkan indikator-indikator dari para ahli serta prestasi siswa menggunakan indikator ukur prestasi siswa berupa nilai angka yang diambil dari nilai rapor kurikulum merdeka. Maka diperoleh hasil bahwa disiplin guru dan minat belajar berpengaruh positif sebesar 69,5% terhadap prestasi siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Nida Al-Qur’an Kedu secara simultan dengan dasar nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (87,662 > 3,114) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Disiplin guru berpengaruh positif terhadap prestasi siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Nida Al-Qur’an Kedu dengan nilai sig 0,005 < 0,050 dan t hitung sebesar 2,905 > t tabel 1,665. Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Nida Al-Qur’an Kedu dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,050 dan t hitung 6,111 > t tabel 1,665. Kata Kunci: Disiplin Guru, Minat Belajar, Prestasi Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2024 17:12
Last Modified: 06 Jul 2024 17:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21003

Actions (login required)

View Item View Item