KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PEMANFAATAN BAHAN ALAM DI TK HIJAU DAUN TENGARAN

SETIANINGRUM, DENIS (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PEMANFAATAN BAHAN ALAM DI TK HIJAU DAUN TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DENIS SETIANINGRUM 23050200025 PRINT YES.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI DENIS SETIANINGRUM 23050200025 PRINT YES.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI DENIS SETIANINGRUM 23050200025 PRINT YES.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI DENIS SETIANINGRUM 23050200025 PRINT YES.pdf

Download (5MB)

Abstract

Setianingrum, Denis. 2024. Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Bahan Alam Di TK Hijau Daun Tengaran. SKRIPSI. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sri Marwiyati, M.Pd. Kata kunci: kreativitas guru, media pembelajaran, bahan alam Kreativitas pada dasarnya dimiliki oleh setiap orang dimana memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Kreatif juga didefinisikan sebagai bakat khusus atau bakat yang nyata yang muncul pada setiap jiwa manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui sejauh mana kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran melalui bahan alam di TK Hijau Daun Tengaran. 2. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengembangkan media pembelajaran melalui bahan alam di TK Hijau Daun Tengaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pemgumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan verifikasi. Serta untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1. Kreativitas Guru di TK Hijau Daun Tengaran dalam pengembangan media pembelajaran melalui pemanfaatan bahan alam sudah baik. Terlihat dari guru memiliki ide-ide dalam menciptakan sebuah media pembelajaran, guru sudah bisa mengatasi pemasalahan yang mucul sewaktu- waktu ketika pembelajaran berlangsung, guru mampu memperkaya ide dan gagasannya dalam mengembangkan media pembelajaran melalui pemanfaatan bahan alam dengan cara menggunakan media yang bergonta-ganti, dan orisinalitas dalam pembuatan karya media pembelajaran. Adapun yang masih perlu ditekankan yakni dari segi orisinalitas. 2. Ada beberapa faktor pendukung dalam mengembangkan media pembelajaran melalui pemanfaatan bahan alam seperti adanya komitmen untuk maju tinggi dan kepekaan guru dalam melihat keadaan sekitar. Selain faktor pendukung, terdapat faktor penghambat yang ditemukan oleh peneliti terkait kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran melalui pemanfaatan bahan alam di TK Hijau Daun Tengaran, diantaranya seperti keterbatasan bahan alam di sekitarnya, terkendalanya penyimpanan media bahan alam, dan kurangnya pelatihan yang diikuti guru terkait pengembangan media berbahan alam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2024 03:39
Last Modified: 07 Jul 2024 03:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21009

Actions (login required)

View Item View Item