IMPLEMENTASI KEWENANGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN DEMAK DALAM PENYELESAIAN PENCEMARAN UDARA DI DESA GEMULAK PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH

Ningrum, Dian Aprilia (2024) IMPLEMENTASI KEWENANGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN DEMAK DALAM PENYELESAIAN PENCEMARAN UDARA DI DESA GEMULAK PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
33030190054_DIAN APRILIA NINGRUM.pdf

Download (2MB)
[img] Text
33030190054_DIAN APRILIA NINGRUM.pdf

Download (2MB)
[img] Text
33030190054_DIAN APRILIA NINGRUM.pdf

Download (2MB)
[img] Text
33030190054_DIAN APRILIA NINGRUM.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dian Aprilia Ningrum. 2024. Implementasi Kewenangan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak Dalam Penyelesaian Pencemaran Udara Di Desa Gemulak Perspektif Siyasah Dusturiyah. Skripsi. Fakultas Syari’ah. Jurusan Hukum Tata Negara. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Munajat, Ph.D. Kata kunci: Hak, Kewenangan, Siyasah Dusturiyah Kasus pencemaran udara pabrik STD di Desa Gemulak merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak asasi warga negara dalam memperoleh kehidupan yang baik dan sehat. Peran Pemerintah Daerah dalam penanganan masalah lingkungan menjadi kunci utama penyelesaian masalah pencemaran udara di Desa Gemulak. Asap tebal dan partikel sisa produksi pabrik mencemari 2 dusun desa Gemulak dan mencapai ambang batas baku mutu udara. Keberadaan pabrik ditengah pemukiman tanpa sepengetahuan warga mengakibatkan sakit mata, batuk dan perih dipernapasan sejak Juni tahun 2021. Warga Desa Gemulak berupaya mengadukan pencemaran udara pabrik STD kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak. Lamanya respon Pemerintah Daerah Kabupaten Demak atas aduan pencemaran membuat warga Desa Gemulak terombang ambing mencari bantuan. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian hukum normatif-empiris (applied law research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Desa Gemulak Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Perolehan data dalam skripsi ini didapat melalui observasi, wawancara, dan hasil dokumentasi. Penanganan pencemaran udara pabrik STD oeleh DLH Kabupaten Demak dikaji dengan prinsip-prinsip dalam siyasah dusturiyah. Dalam sudut pandang tersebut digunakan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi kewenangan DLH Kabupaten Demak dalam penindaklanjutan aduan pencemaran udara di Desa Gemulak. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan penyelesaian pencemaran udara di Desa Gemulak dalam kewenangan DLH Kabupaten Demak dimulai dengan menindaklanjuti aspirasi dari warga desa Gemulak dengan mengedepankan penyeselaian secara musyawarah. Sedangkan dalam prinsip-prinsip siyasah dusturiyah, proses penyelesaian pencemaran udara tersebut mengokohkan hubungan antara pemerintah dan masyarakat dengan memelihara kelestarian lingkungan secara bersama hingga dapat mewujudkan kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2024 07:10
Last Modified: 07 Jul 2024 07:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21010

Actions (login required)

View Item View Item