EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK BERHITUNG MATEMATIKA (KOTUNGKA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Lebtri, Ulfian (2024) EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK BERHITUNG MATEMATIKA (KOTUNGKA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ULFIAN LEBTRI_23040200032_PGMI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ULFIAN LEBTRI_23040200032_PGMI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ULFIAN LEBTRI_23040200032_PGMI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ULFIAN LEBTRI_23040200032_PGMI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ULFIAN LEBTRI_23040200032_PGMI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ULFIAN LEBTRI_23040200032_PGMI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas media komik berhitung matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental yang dimana sampel penelitiaannya dipilih dengan teknik Quota Sampling. Desain penelitiannya menggunakan Pretest-Posttest Control Group. Metode penelitian ini meliputi metode wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik berhitung matematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V MI Negeri Salatiga. Hal ini dibuktikan dari hasil uji prasyarat analisis yang telah dilakukan peneliti pada perhitungan hasil Uji Normalitas melalui output SPSS Statistic 25 diketahui nilai signifikansi tes kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen sebanyak 0,201 > 0,005 dan kelas kontrol sebanyak 0,233 > 0,005 yang artinya data tersebut dikatakan berdistribusi normal. Sedangkan, pada hasil uji homogenitas yaitu 0,007, nilai tersebut lebih besar dari 0,005 yang berarti Ho diterima atau data tersebut dikatakan homogen. Selain itu, pada uji hipotesis dengan menggunakan Uji Independent Sample T-test dengan nilai signifikansi 0,005 diperoleh nilai Sig(2-tailed) 0,000 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,005 (0,000 < 0,005) yang artinya Ha diterima. Kemudian peneliti menggunakan sampel sebanyak 51 (31 orang dari kelas eksperimen dan 20 orang dari kelas kontrol. Sehingga df = (51-2 = 49) dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai t tabel = 1.677, sedangkan t hitung kemampuan pemecahan masalah matematika = 5.757. Dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung dan t tabel kemampuan pemecahan masalah 5.757 > 1.677, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini didukung dengan Uji N-Gain efektivitas penggunaan media komik berhitung matematika diperoleh nilai rata-rata N-Gain persen sebesar 56,4062 dengan hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 82,5 dan hasil posttest kelompok kontrol dengan pembelajaran secara konvensional memperoleh skor rata-rata 67,1.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2024 07:20
Last Modified: 07 Jul 2024 07:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21011

Actions (login required)

View Item View Item