IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS DI MTs DIPONEGORO DAN MTs SUDIRMAN KAWENGEN KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024

Rois, Hanif Aniqo (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS DI MTs DIPONEGORO DAN MTs SUDIRMAN KAWENGEN KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HANIF TESIS FULL JUNI 2024 VERSI 6 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
HANIF TESIS FULL JUNI 2024 VERSI 6 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
HANIF TESIS FULL JUNI 2024 VERSI 6 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
HANIF TESIS FULL JUNI 2024 VERSI 6 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
HANIF TESIS FULL JUNI 2024 VERSI 6 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
HANIF TESIS FULL JUNI 2024 VERSI 6 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
HANIF TESIS FULL JUNI 2024 VERSI 6 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rois, Hanif Aniqo. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menumbuhkan Karakter Religius di MTs Diponegoro dan MTs Sudirman Kawengen Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun 2024. Tesis, Salatiga. Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri Salatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam menumbuhkan karakter religius di MTs Diponegoro dan MTs Sudirman Kawengen Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun 2024. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam menumbuhkan karakter religius di MTs Diponegoro dan MTs Sudirman Kawengen Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun 2024. 3) Untuk mengetahui evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menumbuhkan Karakter Religius di MTs Diponegoro dan MTs Sudirman Kawengen Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan field research. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat empat tahap analisis data yaitu 1) Pengumpulan data; 2) Reduksi data; 3) Penyajian data; 4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu, 1) Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menumbuhkan Karakter Religius di MTs Diponegoro yaitu, Menganalisis Capaian Pembelajaran, Perencanaan dan pelaksanaan asesmen diagnostic, artinya asesmen diagnostik bertujuan mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan peserta didik. Sedangkan perencanaan di MTs Sudirman Kawengen yaitu menyiapkan dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), menyiapkan alur tujuan pembelajaran, menyusun kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, menyusun modul ajar dan menyiapkan projek profil Pancasila.2) Pelaksanaan implementasii kurikulum merdeka Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Diponegoro dalam mengikuti Pelatihan terbilang cukup (perlu peningkatan), guru PAI menyusun perangkat pembelajaran, melaksanakan metode pembelajaran sesuai dengan materi dan melaksanakan langkah-langkah, Sedangkan hasil penelitian di MTs Sudirman Kawengen menunjukkan rentan mengikuti pelatihan Guru terbilang sangat baik. guru PAI menyusun perangkat pembelajaran (modul ajar, modul projek dan buku teks) secara tertulis 3) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menumbuhkan Karakter Religius di MTs Diponegoro, Mengikuti Workshop ,Meningkatkan Kreativitas Guru dan Sharing untuk Mengubah Mindset dalam Mengajar. Hasil Penelitian MTs Kawengen Permasalahan Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Menumbuhkan Karakter Religius yaitu Kurang Optimal Mengikuti Pelatihan, Pembelajaran Terdiferensiasi Yang Kurang Maksimal dan Belum Berubah Mindset. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar dan Karakter Religius

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 14:16
Last Modified: 08 Jul 2024 14:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21030

Actions (login required)

View Item View Item