IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI MTs N 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2023/2024

Bashiroh, Hanivia Husna (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI MTs N 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HANIVIA HUSNA B, 23010200057, SKRIPSI FIKS-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HANIVIA HUSNA B, 23010200057, SKRIPSI FIKS-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bashiroh Husna, Hanivia. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam Pembentukan Sikap Keberagamaan Siswa di MTs N 1 Purworejo. Purworejo: Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, Pembentukan Sikap Keberagamaan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi kurikulum merdeka profil pelajar rahmatan lil alamin dalam pembentukan sikap keberagamaan, faktor pendukung, serta faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka profil pelajar rahmatan lil alamin dalam pembentukan sikap keberagamaan siswa di MTs N 1 Purworejo Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang sifatnya kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam proses implementasi kurikulum merdeka profil pelajar rahmatan lil alamin dalam pembentukan sikap keberagaman siswa dimulai dengan diorientasikan pada efektifitas pengelolaan pendidikan dan pembelajaran dalam rangka mewujudkan visi, misi, dan tujuan madrasah. Adapun implementasi profil pelajar rahmatan lil alamin dalam pembentukan sikap keberagamaan siswa di MTs N 1 Purworejo yakni dengan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama seperti, adanya kegiatan ziyadah, ibadah sholat, dan muroja’ah. Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum merdeka profil pelajar rahmatan lil alamin dalam pembentukan sikap keberagamaan siswa adalah komitmen yang tinggi dari kepala sekolah dan para guru, adanya budaya religius, sumber daya manusia, sarana dan prasarana madrasah, penggunaan teknologi informasi, serta dukungan orang tua. Faktor penghambat dari implementasi kurikulum merdeka profil pelajar rahmatan lil alamin dalam pembentukan sikap keberagamaan siswa adalah kurang menguasai secara penyusunan administrasi, membutuhkan pendanaan lebih, dan pergaulan siswa ketika dirumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 17:13
Last Modified: 08 Jul 2024 17:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21046

Actions (login required)

View Item View Item