EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT BERDASARKAN Q.S AL-HASYR AYAT 19 UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SMK N 3 SALATIGA

Kinanti, Sefa Septania (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT BERDASARKAN Q.S AL-HASYR AYAT 19 UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SMK N 3 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Seva Septania Kinanti 23080200022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Seva Septania Kinanti 23080200022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Seva Septania Kinanti 23080200022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Seva Septania Kinanti 23080200022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kinanti, Seva. 2024. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self - Management Berdasarkan Q.S Al-Hasyr Ayat 19 untuk Mereduksi Kecanduan Game Online pada siswa SMK N 3 Salatiga. Skripsi: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci; Konseling Kelompok, Self Management, Q.S Al Hasyr Ayat 19, Kecanduan Game Online Tujuan penelitian ini ada 3 yaitu: 1) mengetahui tingkat kecanduan game online di SMK N 3 Salatiga, 2) mendiskripsikan pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management berdasarkan Q.S Al-Hasyr ayat 19 untuk mereduksi kecanduan game online 3) menganalisis efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik self management berdasarkan Q.S Al-Hasyr ayat 19 untuk mereduksi kecanduan game online. Desain penelitiannya non-equivalent pretest and postest control group design. Subjek yang diteliti yakni siswa kelas X OTO 5 SMK N 3 Salatiga dengan populasi sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan populasi secara random dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang di teliti berjumlah 16 yakni 8 siswa yang mengalami tingkat kecanduan game dalam kategori tingi sebagai kelas eksperimen, dan 8 siswa sebagai kelas control. Analisis data menggunakan uji independent sampel t test. Hasil Menunjukan bahwa : (1) Hasil pretest menggunakan kuisioner yang di isi oleh 33 responden dengan hasil pretest yang menunjukan bahwa terdapat 8 siswa atau 24% dengan tingkat kecanduan game online kategori tinggi, dan 24 siswa atau 73% dalam kategori sedang, dan 1 siswa atau 3% dalam kategori rendah. (2) Pelaksaan layanan konseling kelompok dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan menggunakan teknik self management berdasar nilai nilai yang terkandung dalam Q.S Al Hasyr ayat 19. Pertemuan pertama konseli diminta untuk mengobservasi diri, pertemuan kedua konseli mengevaluasi diri, pertemuan kegita konseli melakukan refleksi diri sesuai nilai nilai yang terkandung dalam Q.S Al Hasyr ayat 19, dalam pelaksaan konseling peneliti juga menggunakan teknik self managemen berupa self reward (3) hasil yang diperoleh tingkat kecanduan game online pada kelompok eksperimen mengalami penurunan setelah diberikanya treatmen hal tersebut berdasarkan data 16 siswa. Delapan siswa sebagai kelompok eksperimen dan 8 siswa sebagai kelompok control. Nilai pretest pada kelompok eksperimen hasil posstes lebih rendah dari nillai pretest yaitu nilai minimum 47<79,nilai maksimum 87<59 dengan nilai rata rata 8. Sedangakan pada kelompok kontrol nilai pretest dan postest minimum 70<66, nilai maksimum 76=76 dengan rata rata nilai 10. (2) setelah dilakukanya kelompok eksperimen dapat diketahui bahwa sign. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diketahui perbedaan yang sigifikan antara skor pretes dan posstest. artinya konseling kelompok dengan teknik self management berdasar Q.S Al Hasyr ayat 19 efektif mereduksi tingkat kecanduan game online pada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 17:18
Last Modified: 08 Jul 2024 17:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21049

Actions (login required)

View Item View Item