MANAJEMEN PELAYANAN IBADAH HAJI PADA CALON JAMAAH HAJI LANJUT USIA DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SALATIGA

Haya, Al Annisa Fadia (2024) MANAJEMEN PELAYANAN IBADAH HAJI PADA CALON JAMAAH HAJI LANJUT USIA DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_AL ANNISA FADIA HAYA_NIM.43020190081.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_AL ANNISA FADIA HAYA_NIM.43020190081.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_AL ANNISA FADIA HAYA_NIM.43020190081.pdf

Download (4MB)

Abstract

Haya, Al Annisa, Fadia. 2024. Manajemen Pelayanan Ibadah Haji pada Calon Jamaah Haji Lanjut Usia di Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Drs. Bahroni, M.Pd. Kata Kunci: manajemen pelayanan, haji, lanjut usia, Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pelayanan ibadah haji pada calon jamaah haji lanjut usia di kantor kementerian agama kota salatiga yang hendak dicapai yaitu bagaimana pelayanan ibadah haji terhadap calon jamaah lanjut usia di kantor kementerian agama kota salatiga. Bagaimana kendala dan solusi dalam memberikan pelayanan ibadah haji terhadap calon jamaah haji lanjut usia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode ini peneliti bisa langsung bertemu dengan narasumber dan juga memperoleh informasi secara langsung. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara dengan kepala penyelenggaraan haji dan beberapa calon jamaah haji lanjut usia dan sumber data sekunder melalui dokumentasi yang berupa dokumentasi wawancara, bahan pustaka dan bahan publikasi. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi melalui pengamatan secara langsung ke lapangan di kantor kementerian agama kota salatiga. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, manajemen pelayanan ibadah haji pada calon jamaah haji lanjut usia di kantor kementerian agama Kota Salatiga yaitu tidak ada jalur khusus, masyarakat yang melakukan ibadah haji memiliki pelayanan yang sama berdasarkan regulasi yang berlaku. Hanya saja, kementerian agama kota salatiga memberikan prioritas kepada lansia yang memiliki fisik terbatas. Kedua, kendala terhadap calon jamaah lanjut usia yaitu terbatasnya sumber daya manusia yang terlatih di lapangan, sehingga sering terjadi kesalahpahaman dalam penyampaian informasi yang maksimal. Ketiga, solusinya yaitu meningkatkan kualitas layanan bagi jamaah lanjut usia dengan mendapatkan bimbingan ibadah dan manasik haji yang memadai, memberikan pelayanan dibidang kesehatan, bekerjasama dengan volunteer dan organisasi keagamaan lokal, dan bimbingan manasik haji dengan metode klasikal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 17:43
Last Modified: 08 Jul 2024 17:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21056

Actions (login required)

View Item View Item