Profesionalisme dan Kepribadian Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMK N 2 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025

Noviani, Nabila (2024) Profesionalisme dan Kepribadian Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMK N 2 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NABILA NOVIANI 23010200035.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NABILA NOVIANI 23010200035.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NABILA NOVIANI 23010200035.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NABILA NOVIANI 23010200035.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NABILA NOVIANI 23010200035.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NABILA NOVIANI 23010200035.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NABILA NOVIANI 23010200035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Noviani, Nabila, 2024. Profesionalisme dan Kepribadian Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Tahun 2024. Skripsi. Salatiga : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: Profesionalisme, kepribadian, kualitas pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan langkah-langkah profesionalisme guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK Negeri 2 Salatiga, 2) Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan langkah-langkah kepribadian guru PAI dalam memningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK Negeri 2 Salatiga, 3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat profesionalisme dan kepribadian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK Negeri 2 Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu: kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama profesionalisme guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran secara terstruktur mulai dari perencanaa, pelaksanaan, dan langkah-langkah. Perencanaan, pelaksanaan, dan langkah-langkah profesionalisme guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK Negeri 2 Salatiga, dengan menyusun perangkat pembelajaran dan pengembangan kemampuan guru PAI. Pelaksanaan dengan menerapankan metode dan media yang beragaman, menciptakan lingkungan belajar yang kodusif, dan mengelola kelas dengan baik. Langkah-langkah meningkatkan kualitas guru PAI, refleksi kinerja guru dan pengembangan profesional guru. Perencanaan, pelaksanaan, dan langkah-langkah kepribadian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK Negeri 2 Salatiga, dengan bertindak sesuai norma-norma yang berlaku dan menjunjung tinggi kode etik profesi. Pelaksanaan dengan mengintegrasikan nilai-nilai islam dan melibatankan guru PAI dalam kegiatan sekolah. Langkah-langkah dengan menjadi contoh dan teladan yang baik bagi siswa, membangun motivasi intriksik siswa dan hubungan yang baik antara guru dan siswa. Faktor penghambat profesionalisme dan kepribadian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK Negeri 2 Salatiga, adalah perilaku dan kemampuan siswa dengan karakteristik berbeda-beda, latar belakang keluarga siswa dan motivasi belajar yang dimiliki siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 18:20
Last Modified: 08 Jul 2024 18:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21060

Actions (login required)

View Item View Item