Tinjauan Keluarga Sakinah Terhadap Praktik Poligami Satu Atap di Desa Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan (Perspektif Keputusan Menteri Agama Nomor 3 Tahun 1999)

mimbarino, Ihsan (2024) Tinjauan Keluarga Sakinah Terhadap Praktik Poligami Satu Atap di Desa Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan (Perspektif Keputusan Menteri Agama Nomor 3 Tahun 1999). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ihsan Mimbarino.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ihsan Mimbarino.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ihsan Mimbarino.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ihsan Mimbarino.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ihsan_Mimbarino.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ihsan_Mimbarino.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ihsan_Mimbarino.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ihsan_Mimbarino.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ihsan_Mimbarino.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ihsan_Mimbarino.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mimbarino, Ihsan (33010190129), 2024, TINJAUAN KELUARGA SAKINAH TERHADAP PRAKTIK POLIGAMI SATU ATAP DI DESA NAMBUHAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN (Perspektif Keputusan Mentri Agama No. 3 Tahun 1999). Skripsi, Fakultas Syariah. Program Studi Hukum Keluarga Islam. Pembimbing Nurrun Jamaludin, M.H.I. Kata Kunci: Keluarga Sakinah, Poligami, Poligami Satu Atap Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik keluarga poligami satu atap yang menempatkan istri-istrinya dalam satu atap di Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Problem penelitian ini adalah dalam kebanyakan kasus poligami, suami biasanya menempatkan istri-istrinya di tempat tinggal yang berbeda namun dalam kasus ini suami menampatkan istri-istrinya dalam satu rumah. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana praktik keluarga poligami satu atap di Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan serta tinjauan keluarga Sakinah terhadap keadilan praktik poligami satu atap berdasarkan perspektif keputusan Menteri Agama No. 3 Tahun 1999. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris. Sumber data yaiutu primer dan skunder dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pengecekan keabsahan data dengan Teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Praktik poligami satu atap di Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, memerlukan izin dan kesepakatan dari setiap istri serta menyediakan kamar masing-masing. Meskipun ada kendala dalam memperoleh izin penyatuan tempat tinggal, istri-istri akhirnya setuju dengan syarat mendapatkan fasilitas dan kamar masing-masing, sehingga dianggap sah karena keputusan ini dicapai melalui kesepakatan bersama. (2) Mereka telah berupaya mewujudkan keluarga sakinah melalui praktik poligami satu atap dengan memperlakukan semua istri secara adil. Ini mencakup pemberian nafkah yang setara, tempat tinggal layak, pembagian waktu yang adil, dan menjaga keadilan dalam hubungan keluarga serta tanggung jawab terhadap anak. Berdasarkan Keputuan Menteri Agama No. 3 Tahun 1999, Keluarga poligami satu atap di Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, termasuk keluarga sakinah II dan III karena praktiknya setiap keluarga poligami satu atap telah memenuhi kebutuhan keimananya, ketaqwaan, dan dapat berlaku adil kepada para istri dan keturunan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 18:23
Last Modified: 08 Jul 2024 18:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21061

Actions (login required)

View Item View Item