PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS GUIDED INQUIRY BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA

Gunawan, Agung (2024) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS GUIDED INQUIRY BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Agung Gunawan-Naskah Skripsi Asli.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Agung Gunawan-Naskah Skripsi Asli.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Agung Gunawan-Naskah Skripsi Asli.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi karena bahan ajar yang digunakan di SMP Negeri 1 Salatiga sebagai penunjang kegiatan belajar, kurang menarik minat peserta didik dan belum dapat meningkatkan keterampilan berpikri kritis peserta didik. Selain itu, belum memanfaatkan media elektronik seperti smartphone atau laptop. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis guided inquiry berpendekatan saintifik pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis kelas VII di SMP Negeri 1 Salatiga. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi), dengan subjek penelitian guru IPA dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga. Karakteristik LKPD elektronik hasil pengembangan berupa Flipbooks digital yang terintegrasi model guided inquiry dan pendekatan saintifk, juga memuat kasus fenomena yang disajikan dengan gambar dan video. Selain itu, dilengkapi dengan soal evaluasi. Kualitas LKPD elektronik dinilai oleh validator ahli, guru IPA dan respon peserta didik. Hasil uji validasi LKPD elektronik oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan katagori sangan valid dengan nilai validitas masing-masing sebesar 97% dan 91%. Hasil uji kepraktisan oleh guru IPA mendapatkan katagori sangat praktis dengan nilai kepraktisan 97%. Sedangkan uji respon pengguna oleh peserta didik terhadap LKPD elektronik mendapatkan katagori sangat baik dengan presentase sebesar 85%. Dari data validasi ahli, kepraktisan guru IPA dan respon peserta didik, maka LKPD elektronik berbasis guided inquiry berpendekatan saintifik pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar, namun perlu diuji lebih lanjut pada kelas besar untuk mengetahui tingkat keefektifannya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 18:40
Last Modified: 08 Jul 2024 18:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21062

Actions (login required)

View Item View Item