Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dan Kepuasan Hidup Dengan Kecenderungan Adiksi Media Sosial Pada Siswa SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang

Fitriana, Arum Ika (2024) Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dan Kepuasan Hidup Dengan Kecenderungan Adiksi Media Sosial Pada Siswa SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIKS_ARUM IKA F_PI_43040190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS_ARUM IKA F_PI_43040190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS_ARUM IKA F_PI_43040190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS_ARUM IKA F_PI_43040190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS_ARUM IKA F_PI_43040190231.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS_ARUM IKA F_PI_43040190231.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fitriana, Arum, Ika. 2024. Hubungan Antara Self-Regulated Learning dan Kepuasan Hidup dengan Kecenderungan Adiksi Media Sosial Pada Siswa SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang. Skripsi. Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Eva Palupi, M.Si. Kata Kunci: Self-Regulated Learning, Kepuasan Hidup dan Kecenderungan Adiksi Media Sosial ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan kecenderungan adiksi media sosial, (2) mengetahui hubungan antara kepuasan hidup dengan kecenderungan adiksi media sosial, dan (3) mengetahui hubungan antara self-regulated learning dan kepuasan hidup dengan kecenderungan adiksi media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis korelasional. Penelitian ini menguji hubungan antara dua variabel bebas dengan satu variabel terikat. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMA N 1 bergas, Kabupaten Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 93 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dari 1.243 siswa. Alat ukur yang digunakan yaitu Skala Self-Regulated Learning, Skala Kepuasan Hidup, dan Skala Adiksi Media Sosial. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu analisis Korelasi Berganda dan analisis Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara self-regulated learning dengan kecenderungan adiksi media sosial pada siswa dengan nilai sig. 0,000 (ρ < 0,05) dan koefisien korelasi sebesar -0,434. (2) terdapat hubungan antara kepuasan hidup dengan kecenderungan adiksi media sosial pada siswa dengan nilai sig. 0,000 (ρ < 0,05) dan koefisien korelasi sebesar -0,602. (3). terdapat hubungan antara self-regulated learning dan kepuasan hidup dengan kecenderungan adiksi media sosial pada siswa SMA Negeri 1 Bergas dengan nilai sig. 0,000 (ρ < 0,05) dan koefisien korelasi 0,621 dalam kategori kuat. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self-regulated learning dan kepuasan hidup maka akan semakin rendah kecenderungan adiksi media sosial pada siswa. Sebaliknya semakin rendah self-regulated learning dan kepuasan hidup maka akan semakin tinggi kecenderungan adiksi media sosial pada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 19:10
Last Modified: 08 Jul 2024 19:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21068

Actions (login required)

View Item View Item