Fatchurrohman, Fatchurrohman (2014) Pembelajaran Tematik Integratif Konsep Dasar dan Aplikasi. IAIN Salatiga press, Salatiga.
Text
tematik.pdf Download (1MB) |
|
Image
Cover-buku-Fatchur-2014.jpg Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran tematik integratif ini dikembangkan dalam rangka memberikan layanan pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik. Perkembangan intelektual peserta didik pada tahap operasional konkrit menuntut pembelajaran yang konkrit, realistik, dan menyenangkan. Anak belum mampu berpikir abstrak dan verbalistik, mereka dapat memahami informasi dengan baik melalui perjumpaannya dengan realitas. Dalam pembelajaran tematik integratif dikembangkan pendekatan saintifik yang memungkinkan peserta didik untuk menemukan sendiri (inquiry) atas kebenan, bukan hanya menerima kebenaran informasi dari orang lain. Pendekatan saintifik dikembangkan melalui lima tahapan pokok, yaitu mengamati (observing), menanya (questioning), melakukan/mencoba (experimenting), menghubungkan, mengasosiasi (associating), dan mengemukakan/ mengkomunikasikan (communicating). Kelima tahapan pokok kegiatan dalam pendekatan saintifik tersebut merupakan cara untuk memfasilitasi peserta didik agar mengalami pembelajaran otentik, yaitu pembelajaran yang memberi keleluasaan kepada peserta didik untuk menemukan dan mengkonstruk sendiri pengetahuannya melalui inderanya.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 04:47 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 10:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2107 |
Actions (login required)
View Item |