IMPLEMENTASI KEPUTUSAN DJ BIMAS ISLAM NO. 172 TAHUN 2022 TENTANG PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN PRESPEKTIF MAQASID AL-SYARI’AH STUDI KASUS DI KUA SIDOREJO

Hidayatullah, Asep Sarip (2024) IMPLEMENTASI KEPUTUSAN DJ BIMAS ISLAM NO. 172 TAHUN 2022 TENTANG PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN PRESPEKTIF MAQASID AL-SYARI’AH STUDI KASUS DI KUA SIDOREJO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_ASEP SARIP HIDAYATULLAH_33010200074.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_ASEP SARIP HIDAYATULLAH_33010200074.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_ASEP SARIP HIDAYATULLAH_33010200074.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_ASEP SARIP HIDAYATULLAH_33010200074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam ajaran Islam, hubungan antara Perempuan dan laki-laki yang diridhai oleh Allah ialah dengan melangsungkan perkawinan yang bertujuan untuk membentuk keluarga yang harmonis dan penuh dengan rahmat. Namun Tingkat Perceraian di Indonesia meningkat karena kurangnya persiapan yang dimiliki oleh calon pengantin untuk memasuki dunia Perkawinan. persiapan yang di-maksud disini ialah mengikuti program bimbingan perkawinan. Berawal dari tingginya angka Perceraian dan kurangnya persiapan para calon pengantin se-hingga pemerintah Indonesia menerbitkan Keputusan Direktur Jenderal Bimb-ingan Masyarakat Islam Nomor 172 Tahun 2022 tentang Bimbingan Perkawi-nan Bagi Calon Pengantin. Fokus pada penelitian terkait membangun keluarga yang sakinah dalam rumah tangga serta pelaksanaan bimbingan perkawinan di KUA Sidorejo. Adapun rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini ialah: Bagaimana Implementasi Bimbingan Perkawinan di KUA Sidorejo? Bagaimana Analisis Implementasi Bimbingan Perkawinan di KUA Sidorejo Prespektif SK DJ Bimas Islam Nomor 172 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: Bagaimana Implementasi Bimbingan Perkawinan di KUA Sidorejo? Bagaimana Analisis Implementasi Bimbingan Perkawinan Prespektif Maqasid al-syari’ah di KUA Sidorejo? Menggunakan Pendekatan hukum empiris. Data primer dari penelitian ini ialah Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 172 Tahun 2022 tentang Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin dan hasil wa-wancara dari para staff KUA serta dari peserta bimbingan perkawinan calon pengantin. Sedangkan untuk data skundernya adalah buku serta literatur yang ada kaitannya dengan kajian penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah KUA Sidorejo sudah menjalankan program bimbingan perkawinan sesuai dengan SK DJ Bimas Islam No. 172 Tahun 2022 tentang pelaksanaan bimbingan perkawinan meskipun belum sempurna. Maqa-shid al-syari’ah digunakan sebagai alat analisis dalam Pelaksanaan bimbingan perkawinan presfektif maqashid al-syariah di KUA Sidorejo bertujuan untuk mengetahui seberapa baik penegakan hukum islam dalam pandangan Muham-mad Thahir Ibn ‘Asyur. Dengan materi bimbingan perkawinan mengandung dua komponen umum dan khusus yang kemudian dapat disimpulkan bahwa kebermanfaatan maqashi al-syari’ah telah diterapkan pada muatan bimbingan perkawinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 19:40
Last Modified: 08 Jul 2024 19:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21070

Actions (login required)

View Item View Item