PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOMUNITAS REWO REWO MELALUI DESAIN GRAFIS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DI DESA KALIABU KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

Solichudin, Muhammad (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOMUNITAS REWO REWO MELALUI DESAIN GRAFIS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DI DESA KALIABU KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_Muhammad Solichudin_43030170031.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_Muhammad Solichudin_43030170031.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_Muhammad Solichudin_43030170031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari pemberdayaan adalah sebagai salah satu langkah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam pelaksanaanya, Pemberdayaan memiliki berbagai bentuk dan konsep dalam menggali, menemukan, dan memaksimalkan potensi sumberdayanya. Desa Kaliabu merupakan desa yang terletak di kecamatan Salaman Kabupaten magelang yang memiliki bentuk pemberdayaan inovatif dengan memanfaatkan perkembnagn teknologi melalui desain grafis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana pemberdayaan melalui desain grafis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Kaliabu kecamatan Slaman Kabupaten Magelang. 2) Mengetahui Mengetahui dampak yang dengan adanya pemberdayaan yang ada di desa Kaliabu. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara terhadap pelaku usaha desain grafis yang ada di Desa Kaliabu Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Sumber data sekunder yang dapat berupa foto kegiatan terkait proses pembuatan desain, platform penjualan desain dan hasil dari produksi desain. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang 1) Pemberdayaan masyarakat yang ada di desa kaliabu berbentuk partisipatif dengan melibatkan siapa saja yang mau belajar tentang dunia desain, proses pemberdayaan dilakukan dengan beberapa tahapan seperti tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan, dan tahap pendayaan. 2) Dampak dari pemberdayaan yang ada di desa Kaliabu ditandai dengan meningkatnya kehidupan sosial dan ekonomi mulai dari tingkat kemandirian masyarakat, meningkatnya pendapatan individu, mampunya memenuhi kebutuhan keluarga, dan meningkatnya taraf pendidikan masyarakat desa. Dengan adanya pemberdayaan tersebut masyarakat menjadi lebih produktif dan partisipatif dalam kegiatan kemasyarakatan yang ada, mereka lebih bijak dalam memanfaatkan peluang yang ada di era gempuran perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 20:30
Last Modified: 08 Jul 2024 20:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21079

Actions (login required)

View Item View Item