DAMPAK PENGGUNA INTERNET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL REMAJA DI DUDUN GAMOLAN DESA SEGIRI KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG

Zaki, Ahmad (2024) DAMPAK PENGGUNA INTERNET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL REMAJA DI DUDUN GAMOLAN DESA SEGIRI KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ahmad Zaki NIM. 43010170106.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Zaki NIM. 43010170106.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Zaki NIM. 43010170106.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Zaki NIM. 43010170106.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Zaki NIM. 43010170106.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zaki. Ahmad. 2024. Dampak Pengguna Internet Terhadap Interaksi Sosial Remaja Dusun Gamolan, Kabupaten Semarang. Skripsi Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Aufa Abdillah, M.Psi. Kata Kunci: Dampak Pengguna Internet, Interaksi Sosial, Remaja Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengguna internet terhadap interaksi sosial dan untuk mengetahui Dampak Pengguna Internet terhadap Interaksi Sosial Remaja Dusun Gamolan Desa Segiri Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang mengadopsi teori Uses and Gratification yang pertama kali dikembangkan oleh Katz dan Gurevitch pada tahun 1974. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, teknik triangulasi sumber digunakan. Penggunaan internet di Dusun Gamolan, Desa Segiri, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang mengubah pola interaksi sosial remaja. Meskipun memperluas jaringan sosial dan akses informasi, penggunaan berlebihan dapat mengganggu interaksi sosial sehari-hari menyebabkan penurunan kualitas interaksi sosial. Aktivitas online populer menggeser perhatian dari interaksi langsung, berpotensi menyebabkan isolasi sosial dan penurunan kualitas hubungan personal. Oleh karena itu, internet memiliki dampak yang serius pada cara remaja berinteraksi dan menjalin hubungan di lingkungan mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 21:10
Last Modified: 08 Jul 2024 21:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21086

Actions (login required)

View Item View Item