IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM UPAYA PENGUATAN KARAKTER DI SDN 2 KROBOKAN KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024

WIJAYANTI, ASTUTI (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM UPAYA PENGUATAN KARAKTER DI SDN 2 KROBOKAN KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ASTUTI WIJAYANTI PGMI 23040200036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi P5 melalui tema gaya hidup berkelanjutan dalam upaya penguatan karaker di SDN 2 Krobokan 2) faktor penghambat dan pendukung implementasi P5 di SDN 2 Krobokan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, Guru Kelas I, II, IV, V dan peserta didik. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik agar mendapatkan data yang valid. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1) implementasi projek penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 2 Krobokan telah dilaksanakan melalui tahapantahapan yang sesuai dengan buku panduan pangembangan projek pengutaan Profil Pelajar Pancasilayaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap tindak lanjut. Perencanaan projek di SDN 2 Krobokan meliputi membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, merancang alokasi waktu dimensi dan tema. Tahap Pelaksanaan meliputi memberikan pemahaman awal, menyiapkan alat dan bahan serta lakukan atau aksi nyata. Tahap Evaluasi yang dilakukan tersebut menggunakan teknik pengamatan selama proses pelaksanaan. tindak lanjut yang melibatkan kejasama orang tua dan bentuk penguatan karakter yang dilakukan selama proses pelaksanaan projek 2) Faktor pendukung implementasi projek adalah tema yang digunakan mudah murah, dan sesuai dengan kondisi kebutuhan sekolah, sarana dan prasarana cukup memadai serta faktor penghambatnya adalah banyak administrasi yang harus diselesaikan, pengadaan bimtek hanya satu kali dalam semester dan minimnya anggaran dan untuk pelaksanaan P5.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 16:48
Last Modified: 09 Jul 2024 16:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21112

Actions (login required)

View Item View Item