MANAJEMEN PENYALURAN DANA ZAKAT MELALUI PROGRAM SALATIGA CERDAS OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA SALATIGA PADA TAHUN 2024

duaira, Ardana (2024) MANAJEMEN PENYALURAN DANA ZAKAT MELALUI PROGRAM SALATIGA CERDAS OLEH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA SALATIGA PADA TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Ardana Dua Ira_43020200042-2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Ardana Dua Ira_43020200042-2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen penyaluran dana zakat melalui program Salatiga Cerdas oleh Badan Amil Zakat Nasional Kota Salatiga pada Tahun 2024 dan mengetahui apa saja penghambat dan pendukung eksternal maupun internal dalam penyaluran dana zakat program Salatiga Cerdas. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisi data nya menggunakan meetode analisi Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Narasumber dalam penelitian adalah pegawai Baznas Salatiga. Penulis juga menjelaskan tetang manajemen program yang sangat mendasar yang menggunakan teori James Toner, yaitu dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan Hasil penelitian penyaluran dana zakat dalam program Salatiga Cerdas ini, sudah dilakukan dengan baik dengan melakukan penyalurannya ke jenjang Pendidikan sekolah menengah pertama dari SMP 1 sampai dengan SMP 10 yang ada di Salatiga. Terbukti dari Analisa yang dilakukan penulis tentang perencanan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan ilmu manajemen. Untuk pendisribusian dan pengelolaan juga sudah dijalankan sesuai dengan ilmu manajemen dan dibuktikan dari laporan keuangan penyaluran yang transparan dari pihak UPZ ke pihak BAZNAS.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 19:37
Last Modified: 09 Jul 2024 19:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21124

Actions (login required)

View Item View Item