REPRESENTASI DAN RESISTENSI HOMOSEKSUALITAS DALAM NOVEL RA<’IH}ATU AL-QURFATI KARYA SAMAR YAZBEK (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

MA'RUFA, SULTON FAJAR AYU MAULIDA (2024) REPRESENTASI DAN RESISTENSI HOMOSEKSUALITAS DALAM NOVEL RA<’IH}ATU AL-QURFATI KARYA SAMAR YAZBEK (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
bismillah skripsi ayu jadi-1(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
bismillah skripsi ayu jadi-1(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
bismillah skripsi ayu jadi-1(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Novel merupakan karya sastra berupa prosa fiksi yang memuat tentang kehidupan manusia dalam menghadapi permasalahan hidup. Novel pada umumnya memiliki serangkaian makna, tentu untuk menganalisis novel diperlukan teori untuk menganalisis sebuah novel, salah satu teori yang digunakan yaitu teori semiotika. Objek material dalam penelitian ini adalah novel Ra>’ih}atu al-Qurfati karya Samar Yazbek. Samar Yazbek adalah seorang wartawan dan penulis perempuan. Ia telah menulis banyak judul novel. Salah satu karyanya yaitu novel Ra>’ihatu al-Qurfati yang bercerita tentang kisah cinta wanita borjuis dan seorang pembantu wanita. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis novel dari sisi semiotika Charles Sanders Peirce melalui beberapa tahapan yaitu, tanda, objek/acuan tanda, dan interpretant/penggunaan tanda. Metode dalam penelitian ini ialah menggunakan deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan hasil analisis dengan metode semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil analisis dari penelitian ini ialah tanda, objek/acuan tanda, dan interpretant/penggunaan tanda dalam novel Ra>’ih}atu al-Qurfati karya Samar Yazbek bahwasannya novel ini menggambarkan 18 fenomena homoseksualitas antara satu perempuan dengan perempuan lainnya dan 2 fenomena bentuk-bentuk resistensi homoseksualitas juga digambarkan dalam novel Ra>’ih}atu al-Qurfati. Kata Kunci: Novel, Ra>’ih}atu al-Qurfati, Semiotika Charles Sanders Peirce, Homoseksualitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 20:02
Last Modified: 09 Jul 2024 20:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21127

Actions (login required)

View Item View Item