STUDI KASUS TREATMENT GANGGUAN STRES PASCA TRAUMA PADA PEREMPUAN KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DIKELURAHAN X KECAMATAN Y KOTA SEMARANG

SIYAM, NUR ANNA ANIS (2024) STUDI KASUS TREATMENT GANGGUAN STRES PASCA TRAUMA PADA PEREMPUAN KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DIKELURAHAN X KECAMATAN Y KOTA SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nur Anna Anis Siyam 43040170103.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Anna Anis Siyam 43040170103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anis, Anna. 2024. Studi Kasus Treatment Gangguan Stres Pasca Trauma pada Perempuan Korban Pelecehan Seksual di Kelurahan Srondol Kulon Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga : Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Hermawan, M. Ag. Kata Kunci : treatment gangguan stres pasca trauma dan perempuan korban pelecehan seksual Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gejala-gejala gangguan stres pasca trauma, damapak-dampak yang ditimbulkan, serta treatment yang diberikan pada penderita gangguan stres pasca trauma di Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara subjek, keluarga, serta psikolog, dan sumber data skunder adalah berupa foto-foto saat penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala-gejala gangguan stres pasca trauma pada kedua subjek meliputi kecemasan yang berlebihan, ketakutan yang mendalam, selalu terbayang-bayang akan peristiwa traumatik yang dialami, sulit tidur, hingga mimpi buruk. Dampak gangguan stres pasca trauma pada kedua subjek cenderung pada berkurangnya semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, dan juga lebih menutup diri dari sekitar. Treatment yang diberikan pada kedua subjek yaitu relaksasi, psikoterapi, dan pemberian obat oleh psikiater pada salah satu subjek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 20:23
Last Modified: 09 Jul 2024 20:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21130

Actions (login required)

View Item View Item