STRATEGI PEMASARAN MODAL PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH OLEH BAITUL MAAL WAT TAMWIL SUMBER USAHA DI PASAR KEMBANGSARI KABUPATEN SEMARANG

Nahari, Siti Rahmawati (2024) STRATEGI PEMASARAN MODAL PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH OLEH BAITUL MAAL WAT TAMWIL SUMBER USAHA DI PASAR KEMBANGSARI KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
fikssssssss.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nahari, Siti Rahmawati. 2024. Strategi Pemasaran Modal Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah oleh Baitul Maal Wat Tamwil Sumber Usaha di Pasar Kembangsari Kabupaten Semarang. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Modal Pembiayaan, Usaha Mikro Kecil Menengah, Baitul Maal Wat Tamwil Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran Modal Pembiayaan Usaha Mikro Menengah Kecil oleh Baitul Maal Wat Tamwil Sumber Usaha di Pasar Kembangsari Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara pengurus bendahara BMT Sumber Usaha, pengelola kabag marketing BMT Sumber Usaha, kepala pengelola Pasar Kembangsari, teknis administrasi Pasar Kembangsari, tiga pedagang UMKM di Pasar Kembangsari dan sumber sekunder yang dapat berupa foto- foto terkait kegiatan yang ada di BMT Sumber Usaha. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam strategi pemasaran modal pembiayaan UMKM oleh BMT Sumber Usaha menggunakan pertama, strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Sumber Usaha melalui beberapa tahapan diantaranya segmentasi pasar, targeting, posisi, pengembangan produk, penetapan harga, promosi, dan distribusi. Kedua, menetapkan Sumber pembiayaan BMT Sumber Usaha untuk UMKM yang ada di Pasar Kembangsari diantaranya pemilik badan usaha, simpanan pokok, simpanan wajib, dan juga mobilisasi dana. Ketiga, Strategi untuk mengembangkan UMKM dengan cara melakukan komunikasi dengan berbagai cara, dan memberikan pengarahan yang baik untuk usaha kedepannya, melakukan pengawasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 20:31
Last Modified: 09 Jul 2024 20:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21131

Actions (login required)

View Item View Item