PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI RUMAHAN KERAJINAN ECENG GONDOK (STUDI KASUS UMKM BENGOK CRAFT DI DESA KESONGO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG)

gunawan, Candra (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI RUMAHAN KERAJINAN ECENG GONDOK (STUDI KASUS UMKM BENGOK CRAFT DI DESA KESONGO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_CANDRA GUNAWAN_NIM. 43030170013.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_CANDRA GUNAWAN_NIM. 43030170013.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI_CANDRA GUNAWAN_NIM. 43030170013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui industri rumahan kerajinan eceng gondok pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Bengok Craft di Desa Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pemberdayaan masyarakat melalui kerajinan eceng gondok untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat pengrajin eceng gondok pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Bengok Craft di Desa Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara pemilik UMKM Bengok Craft, Pengrajin kerajinan eceng gondok, petani eceng gondok, dan sumber sekunder yang di dapat berupa foto-foto kegiatan terkait proses pembuatan kerajinan eceng gondok, produk. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Bengok Craft Di Desa Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, meliputi: (a) Tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, dalam sosialisasi kepada masyarakat mengenai program pemberdayaan kerajinan eceng gondok. (b) Tahap Tranformasi, dengan melakukan pelatihan kepada masyarakat guna meningkatkan keterampilan dalam pembuatan kerajinan eceng gondok. (c) Tahap peningkatan intelektual, dengan proses pemasaran sebagai hasil produksi dan penyaluran produk kepada konsumen. Kemudian penelitian ini menjelaskan beberapa Faktor pendukung dan faktor penghambat pemberdayaan masyarakat melalui industri rumahan kerajinan eceng gondok di Desa Kesongo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 20:56
Last Modified: 09 Jul 2024 20:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21139

Actions (login required)

View Item View Item