UPAYA PENANGANAN PERILAKU HIPERAKTIF ANAK ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SD KHUSUS RUMAH PINTAR ABK SALATIGA

Dewi, Eka Nurfita (2024) UPAYA PENANGANAN PERILAKU HIPERAKTIF ANAK ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SD KHUSUS RUMAH PINTAR ABK SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
EKA NURFITA SKRIPSI 2024.pdf

Download (2MB)
[img] Text
EKA NURFITA SKRIPSI 2024.pdf

Download (2MB)
[img] Text
EKA NURFITA SKRIPSI 2024.pdf

Download (2MB)
[img] Text
EKA NURFITA SKRIPSI 2024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) upaya penanganan perilaku hiperaktif pada anak dengan ADHD, (2) faktor pendukung dan penghambat penanganan perilaku hiperaktif pada anak ADHD di SD Khusus Rumah Pintar ABK Salatiga, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara kepala sekolah, wali kelas, guru pendamping kelas, serta orang tua subjek dengan ADHD dan sumber sekunder yang berupa foto-foto dokumentasi terkait penanganan perilaku hiperaktif pada anak ADHD. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Khusus Rumah Pintar Salatiga telah melakukan beberapa penanganan terhadap perilaku dengan strategi seperti terapi perilaku, metode pembiasaan, pemberian perhatian, terapi nutrisi dan teknik penataan ruang kelas. Kerjasama dan terjalinnya komunikasi yang baik antara orang tua dan guru menjadi faktor pendukung penanganan perilaku. Faktor penghambat yang ditemukan berupa penanganan masih terbawa emosi sehingga tidak maksimal, beban guru yang bertambah, dan kurangnya penguasaan akan penanganan anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 20:58
Last Modified: 09 Jul 2024 20:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21140

Actions (login required)

View Item View Item